MetroTwit – Klien Twitter untuk Windows 8

Di masa masih berjayanya Adobe Air (yang sekarang sudah tidak ada lagi), klien twitter atau aplikasi di jendela desktop untuk mengakses layanan Twitter dengan praktis menjadi begitu populer, sebut saja TweetDeck sebagai salah satunya – yang juga banyak digunakan tidak hanya di Windows namun juga Linux. Tampaknya Adobe Air mengalami keterpurukan, begitu juga klien Twitter yang berjalan menggunakannya.

Orang-orang beralih zaman menggunakan ponsel cerdas untuk berkomunikasi di jejaring sosial, termasuk halnya Twitter. Aplikasi yang berbasis ponsel cerdas berkembang dengan pesat, sementara aplikasi untuk komputer klasik seperti laptop dan desktop menjadi seakan-akan mengalami stagnasi panjang.

Sejak era Windows 8 dan dekstop bergaya metro, tampaknya ada lagi aplikasi Twitter yang muncul sebagai jawaban atas ada tidaknya klien yang cukup baik dan praktis digunakan pada sebuah komputer. Karena bagaimana pun dekatnya kita dengan perkakas bergerak teranyar, kebutuhan akan komputer masih tidak bisa terlepaskan.

MetroTwit bisa dikatakan sebagai aplikasi kelas atas untuk pengguna Windows 8, versi desktopnya tentu saja bisa bekerja pada Windows 8 Pro (yang saya gunakan), Windows 7 dan Vista. Sedangkan versi aplikasi metro memerlukan Windows 8.

MetroTwit
Tampilan jendela MetroTwit untuk Desktop pada Windows 8 Pro.

Sekilas melihat tampilannya, kesan metro dari Windows 8 langsung terasa. Untuk memasangnya, ada berkas pemanggil instalasi yang bisa diunduh dari situs resminya, aplikasi ini akan mengunduh dan memasang MetroTwit pada Windows. Ini bermakna, setiap kali memasang di sebuah komputer, kita memang harus mengunduh aplikasinya secara daring karena tidak disediakan berkas instalasi luring; alias kita akan selalu perlu koneksi Internet untuk memasangnya.

Ketika pertama kali menjalankan, nama pengguna dan sandi akan diminta. Namun hanya dibatasi untuk satu pengguna saja, Anda bisa dibilang ini adalah kelemahannya. Jika ingin menggunakan lebih banyak pengguna, maka versi berbayar MetroTwit Plus bisa dibeli seharag AUS$ 14.95 melalui PayPal atau kartu kredit, dan berlaku selamanya untuk jumlah komputer yang tidak terhingga.

Setelah meluncur, MetroTwit memang seperti yang dijanjikan, berjalan dengan mulus dan cepat. Mungkin karena berbekal Microsoft .NET teranyar. Jika Windows Anda sudah terkinikan, maka tidak akan masalah; tapi jika menggunakan Windows bajakan yang jarang diperbarui, maka saya tidak tahu masalah apa yang akan Anda hadapi. Tapi jika semuanya mulus, aplikasi ini akan berjalan seperti air mengalir di pancuran. Hanya saja jika Internet macet, aplikasi akan ikut macet dan mungkin tidak balik normal setelah Internet lancar kembali. Saya tidak tahu apakah ini bug atau tidak.

MetroTwit cukup ringan, menghabiskan sekitar 80 MB RAM, setara dengan menggunakan peramban Google Chrome untuk membuka satu jendela Twitter edisi web yang menggunakan sekitar 70 MB RAM. Tentu saja penggunaan ini bisa berfluktuasi.

Fitur setelan lumayan lengkap, pengguna diizinkan mengubah tema dan warna misalnya, hingga setelan penggunaan proxy bagi mereka yang memerlukannya. Layanan pemendek URL dan peta juga disertakan bagi pengguna untuk memilihnya.

PRO: Ringan, cepat, sederhana namun tampak modern, dan mudah digunakan sebagai klien twitter pada Windows.

KONTRA: Perlu sistem operasi dan NET Framework terkini, perlu internet stabil, sejumlah fitur hanya tersedia pada versi berbayar (akun jamak, dan tampilan tanpa iklan).

Bagi Anda yang berminat bisa mendapatkan aplikasi ini situs resmi MetroTwit dan memasangnya pada Windows 8 (atau Windows 7 dan Vista). Jika Anda memerlukan aplikasi gratis yang memungkinkan penggunaan akun jamak sekaligus, maka TweetDeck mungkin masih pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s