Pokki – Alternatif Start Menu untuk Windows 8

Sejak menggunakan Windows 8, saya sebenarnya tidak kesulitan dengan start menu atau menu mulai yang ditawarkan. Hanya saja rasanya kurang mendukung unsur usabilitas/kebergunaan bagi sayang yang menggunakan laptop lawas (baca: tanpa layar sentuh). Sehingga saya merindukan adanya sentuhan start menu klasik; Windows mungkin ingin meniru konsep Gnome Shell, Android atau iOS dengan sebuah layar mulai yang menampilkan banyak menu/item, sayangnya konsep lantai yang dibawa menu mulai pada Windows 8 tidak akan menarik digunakan di komputer pribadi.

Saya lebih suka (atau mungkin terbiasa) dengan start menu pada Windows 7 dan sebelumnya, bahkan Linux pun yang menggunakan antarmuka serupa terasa cukup nyaman digunakan. Saya kemudian menemukan Pokki, sebuah aplikasi start menu  untuk Windows 8 (peluncur menu) yang bisa menjadi sebuah alternatif yang sangat sayang jika dilewatkan.Pokki adalah sebuah aplikasi pengganti start menu yang memiliki sejumlah nilai tambah yang akan menggiurkan. Bagi saya, Pokki bisa mengubah sebuah komputer menjadi selayaknya ponsel cerdas (smartphone), karena Pokki disertai dengan sejumlah aplikasi yang berbasis Chrome.

Apa Anda masih ingat saya pernah menulis tentang sebuah distribusi Linux berbasis komputasi awan yang bernama Jolicloud? Nah, Pokki menghadirkan fitur menu yang sama menariknya dengan apa yang tertanam pada Joli OS.

Pokki MenuPokki Menu, tampil di Windows 8 Pro, ringan digunakan, lengkap dan diperkaya oleh banyak aplikasi.

Dengan memasang Pokki pada Windows 8, Anda akan mendapatkan:

  1. Tombol mulai (start button) pada sisi kiri bawah, di mana biasanya tombol mulai Windows tersedia. Saat ini Windows 8 belum memiliki tombol ini, dan baru akan “dikembalikan” pada Windows 8.1 yang akan dirilis bulan depan.
  2. Menu mulai (start menu) yang tampak modern, saya bisa katakan ini adalah gabungan antara konsep Joli OS dan MATE yang dimiliki oleh Linux Mint. Bahkan ketika Windows 8.1 keluar, ini akan tampak lebih cantik, dan mengalahkan menu mulai pada Windows sebelumnya.
  3. Ratusan aplikasi gratisan. Anda merindukan aplikasi gratisan layaknya Android? Meskipun belum lenhkap, tapi Pokki menyediakan banyak aplikasi gratisan, dikembangkan menggunakan teknologi Chrome, yang artinya ringan dan tampak seperti aplikasi asli di Desktop, meskipun berupa aplikasi berbasis web.

Saya sendiri sudah memasangnya pada Windows 8. Dan memang ternyata ini adalah apa yang saya perlukan untuk melengkapi “kekurangan” pada Windows 8 yang saya gunakan. Ternyata juga, produsen notebook ternama seperti Lenovo memutuskan menggunakan Pokki terpasang pada setiap laptop berbasis Windows 8 yang mereka pasarkan.

Beberapa aplikasi menarik misalnya permainan Angry Birds (bukan menarik karena bagus, tapi ketersediaannya), ada aplikasi klien twitter juga seperti Tweeki yang merupakan kerjasama dengan Intel. Dan masih banyak lagi.

Pokki App StorePokki memiliki toko aplikasinya tersendiri, dan kebanyakan aplikasi seperti aplikasi yang ada pada Chromium, notebook besutan Google.

Jika Anda sedang mencari alternatif start button & start menu untuk Windows 8, maka Pokki adalah satu yang bisa saya rekomendasikan saat ini.

Pro: Mudah diaplikasikan, gratis, banyak aplikasi, tampilan modern, ringan.

Kontra: Tidak ada berkas pemasangan luring (harus dipasang secara daring), belum ada pelokalan ke bahasa Indonesia, masih terdapat sejumlah gangguan minor pada aplikasi.

Iklan

2 thoughts on “Pokki – Alternatif Start Menu untuk Windows 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s