Hotot si Aplikasi Twitter untuk Linux

Hotot bisa dikatakan salah satu aplikasi klien Twitter untuk Linux yang cukup layak digunakan, tidak terlalu bagus, tapi tidak juga terlalu buruk. Pengembangannya naik dan turun, sebagaimana banyak nasib aplikasi open source lainnya. Pertama kali saya mengenal Hotot adalah dari pengembang IGOS Nusantara di sebuah pertemuan. Saya memang tidak merekomendasikan aplikasi yang satu ini, mungkin karena faktor selera pribadi saja.

Mungkin juga karena Hotot adalah aplikasi yang sedang dalam tahap pengembangan, jadi Anda bisa menemukan banyak hal yang agak mengganggu (buggy) saat menggunakannya. Namun jika hanya melewati jalanan yang tenang, bukan pengguna Linux namanya.

Hotot
Tampilan Hotot saat baru pertama kali diluncurkan.

Hotot mendukung multiplatform, artinya bisa digunakan pada Windows, Mac, dan Linux. Tapi tentunya Linux adalah tempat asal bagi Hotot. Di situsnya langsung ada banyak cara untuk memasang Hotot. Misalnya pada Ubuntu, kita bisa menggunakan repositori bawaan atau memasangnya melalui PPA dengan perintah:

$ sudo add-apt-repository ppa:hotot-team
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install hotot

Sedangkan pengguna openSUSE harus menambahkan repositori yang berasal dari KDE ekstra. Pengguna Fedora sudah memiliki aplikasi ini di dalam repositori mereka (termasuk pengguna IGN). Pengguna Arch mungkin agak binggung karena banyak sekali aplikasi/repo yang memiliki Hotot.

Pengguna Windows yang mencari kenyamanan mungkin sebaiknya tetap menggunakan TweetDeck atau MetroTwit saja. Sedangkan pengguna Mac, hmm, silakan pilih sendiri (saya bahkan tidak tahu seluk beluk Mac). Tapi jika pengguna Windows/Mac tetap ingin mencoba Hotot, mungkin mereka akan berhadapan dengan versi yang tidak stabil.

Tampilan Hotot
Tampilan Hotot pada layar penuh menggunakan Ubuntu 13.04 Raring Ringtail 64-bit.

Berbicara tentang potensi, tentu saja saya rasa Hotot memiliki banyak potensi. Tapi seperti pada tulisan sebelumnya, saya rasa aplikasi ini akan berperang melawan aplikasi pada ponsel cerdas dan tablet, karena saya rasa di era sekarang kebanyakan orang beralih menggunakan tablet dan smartphone untuk keperluan serupa.

Jika Anda memutuskan mencoba Hotot, jangan lupa tinggalkan kesan Anda pada komentar di bawah tulisan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s