Free Download Manager

Saya sering melihat aplikasi sejenis IDM di komputer atau laptop yang sudah dipasangkan (diinstal) dari tempat pembelian. Katanya sih ini membantu membantu mengunduh berkas di Internet dengan lebih cepat dibandingkan menggunakan bawaan peramban masing-masing. Dulu, ini mungkin benar, di era tahun 2005-an, di mana jaringan Internet tidak lumayan banyak tersedia, dan peramban tidak secanggih saat ini.

Jika hanya berbicara masalah kecepatan mengunduh, saya rasa peramban memiliki kemampuan yang sama dengan peranti lunak sejenis yang ditujukan khusus untuk mengunduh. Tapi hal-hal yang lebih esensial seperti mengatur kecepatan unduhan, menjadwalkannya, menghentikan & melanjutkan di lain waktu, memilah-milah berkas unduhan, menggabungkannya dengan kemampuan Spider HTML, FTP ataupun jaringan P2P memang tampaknya tidak bisa mengandalkan peramban semata.

Oleh sebab itu, fungsi-fungsi tersebut, rasanya memang lebih nyaman menggunakan peranti lunak tersendiri. Tapi setahu saya, Internet Download Manager bersifat shareware, jika ingin menggunakannya lebih dari masa uji coba, maka wajib membayar lisensi. Satu-satunya kenapa masih bisa digunakan, mungkin karena kebanyakan orang menggunakan versi bajakannya (yang bisa jadi, jika tidak hati-hati menjadi sumber penyebaran virus di komputer).

Tapi ada banyak peranti lunak sejenis yang disediakan secara cuma-cuma. Dulu saya suka menggunakan LeechGet, lalu beralih ke FlashGet, lalu ke Orbit Downloader. Biasanya semakin populer sebuah software gratisan, akan lebih ada kecenderungan ditumpangi hal-hal lain yang mau mendapatkan kepopuleran juga, misalnya spyware & adware.

Lalu saya menemukan sebuah software untuk mengunduh pelbagai berkas yang bersifat open source, menjamin setidaknya tidak akan mati di tengah jalan pada masa pengembangannya. Maka saya pun mulai menggunakannya, Free Download Manager.

Free Download Manager
Tampilan Free Download Manager ver. 3.9.3 pada jendela Windows 8. Sederhana, namun memuat banyak fitur dan fungsi.

Pertama, jelas software ini disediakan secara gratis, bisa diunduh dan digunakan tidak hanya di rumah, tapi juga untuk keperluan komersial. Jadi digunakan di area perkantoran tetap bisa digunakan secara legal, Anda tidak perlu takut jika ada razia software legal di kantor Anda saat menggunakan yang satu ini.

Kedua, fiturnya cukup kaya. Ada dukungan BitTorrent, Remote Control, Portable Mode, dukungan pratayang untuk berkas video/audio yang sedang diunduh, kecepatan bisa ditinggkatkan, memiliki pengaturan lalu lintas data. Bahkan terdapat komunitas yang bisa dibentuk/membantu menentukan apakah sebuah berkas aman untuk diunduh atau tidak. Jika unduhan macet/rusak di tengah jalan, FDM bisa membantu memulai atau melanjutkannya kembali (sesuai dengan syarat dari web/server).

Ketiga, cukup aman karena bersifat open source dan bisa diintegrasikan dengan peranti lunak yang kita gunakan. Bahkan saya menyandingkannya dengan avast! antivirus untuk memindai setiap unduhan yang diambil dari Internet.

Keempat, ada pengembangan berkelanjutan. Mengingat FDM sudah ada sejak tahun 2004, maka bisa dikatakan meski belum sempurna, tapi cukup matang digunakan. Dan tampaknya akan tetap dikembangkan lagi ke depannya. Dukungan terhadap beragam peramban pun sangat membantu, walau jika terpaksa, setelan atau pengunduhan manual tidak bisa dihindari.

Saya bisa menyarankan menggunakan aplikasi ini, meskipun mungkin dari segi tampilan tampak ketinggalan zaman, tapi kemampuannyalah yang kita perlukan. Karena ada sejumlah software sejenis dan memiliki nama mirip atau palsu, mohon mengunduh langsung dari situs resminya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Iklan

10 tanggapan untuk “Free Download Manager

  1. Nice sharing Bli..

    Saya memanfaatkan download manager lebih untuk jaga2 bila sinya terputus, dengan DM biasanya kan bisa dilanjutkan tidak perlu dari awal lagi…

    Ijin sedoot.. 🙂

    Suka

  2. ohya… mau nanya cahya…
    saya mau rubah profil saya dari pake gmail.. menjadi blog gimana..
    yar yg nongol saat komen adalah gravatar yang wordpress ? bingung ini gak bisa ngubahnya saat kasi komen di blog ini…
    tq

    Suka

  3. ini download manager pertama saya. dulu pernah nyoba idm (lalu trialnya abis), dan juga pernah nyoba orbit, DAP, dan flashget (tapi tunggangan adwarenya banyak). akhirnya ujung2nya pake fdm lagi juga.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s