Jolicloud 2 – Segera Tiba

Saya melihat sebuah video promosi di YouTube yang menginformasikan Jolicloud 2 akan segera tiba. Saya sudah berharap lama versi mereka ditingkatkan, karena sebagai pengguna saya merasa Jolicloud banyak tertinggal di belakang di sisi usabilitas dibandingkan sistem operasi populer lainnya ala Ubuntu atau Android, dan kini Chromebook juga sudah mulai merambah dunia Cloud OS.

Sebagai sistem operasi yang mengusung komputasi awan, dan bisa dijalankan di pelbagai komputer tua, Jolicloud masih merupakan favorit saya saat ini (mungkin alasan klasik karena tidak bisa mencicipi Chrome OS). Saya sebenarnya ingin menggunakan Jolicloud di mana-mana, karena ini satu-satu sistem operasi terbuka yang bisa ditempatkan di mana-mana, alasan sederhana bukan? Seperti pengguna produk Apple yang memilik Mac OS di komputer dan iOS di ponsel, maka Jolicloud bisa menggunakan metode serupa dengan menerapkan Joli OS di komputer, dan mungkin Jolidrive dalam bentuk tertentu di ponsel atau tablet.

Cukup satu kali masuk untuk semua layanan web yang ada, bersifat pribadi, dan diakses mudah di mana saja. Mungkin slogan mereka cukup pas kali ini dengan menyebut Jolicloud – A place to call home.

Hanya saja belum ada kabar kapan sistem operasi generasi kedua mereka ini muncul. Jangan sampai terlalu lama seperti yang terjadi pada Luna dari Elementary OS, meskipun indah, tapi terlalu lama sekali – membuat yang menunggu menjadi jenuh.

Kalau melihat sekilas video di atas, ada kemungkinan Jolicloud 2 memiliki fitur seperti iGoogle (yang sayangnya sudah akan ditutup). Bisa jadi pengguna iGoogle memperoleh rumah baru mereka di Jolicloud 2 ini. Namun juga sepertinya lebih cenderung ke dalam gaya layar sentuh, apakah ini bermakna Jolicloud akan hadir kembali di Android?

Saya punya banyak pertanyaan, tapi tentunya tidak akan bisa terjawab dengan cepat, hanya November ini adalah janji peluncurannya.

Iklan

2 thoughts on “Jolicloud 2 – Segera Tiba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s