Menonaktifkan Windows Search pada Windows 8.1

Windows Search adalah salah satu program pengindeks yang asalinya berjalan secara otomatis pada latar belakang sistem operasi Windows. Fitur ini telah ada sejak era Windows XP, dan masih dibawa hingga kini pada Windows 8.1. Pasca saya memperbarui Windows 8 Pro ke Windows 8.1 Pro di laptop Acer TravelMate 6293, laptop langsung terasa panas (overheat) dan suara kipas terdengar kencang.

Dan pasca dilacak, rupanya ini disebabkan oleh Windows Search yang berjalan menghabiskan rata-rata di atas 80% siklus CPU. Bagi yang memiliki komputer dengan prosesor 8 inti yang masing-masing clock speed-nya mencapai 3,4 GHz mungkin tidak masalah, apalagi jika dilengkapi dengan mega memori ratusan gigabit. Namun bagi laptop lawas saya, ini adalah masalah.

Saya pun segera berburu sumber masalah ini dan segera menonaktifkannya secara permanen. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya gunakan:

  1. Buka kontrol panel (control panel)
  2. Buka alat administratif (administrative tools)
  3. Lalu akses ke menu layanan (services)
  4. Pilih “Windows Search”; dan kemudian pilih “properties”
  5. Pada tab “General” di sana terdapat “service status”, klik “stop” untuk menghentikan proses pengindeksan.
  6. Lalu pada keterangan “startup type”, asalinya akan berada pada “Automatic (Delayed Start)”, ubah nilai ini menjadi “Disable” pada menu gulir ke bawah yang disediakan.
  7. Pilih “OK” untuk menerapkan perubahan.
Windows Search Properties
Jendela “Windows Search Properties” yang digunakan untuk menghentikan biang keladi pengindeksan otomatis di Windows.

Dengan ini, maka laptop saya bisa setidaknya cukup dingin (meskipun tidak sejuk sekali) saat digunakan. Memang sisi negatifnya adalah saat mencari berkas, Windows akan lama menemukannya, karena tidak terindeks, tapi jika saya ingat lokasi-lokasi berkas tersebut, maka saya tidak perlu fitur ini. Untuk sebuah laptop lawas berusia 6 tahun, ini adalah pilihan yang baik bagi saya yang menggunakannya.

Jika Anda punya masalah dengan laptop yang cepat panas ketika tidak lama setelah dinyalakan, mungkin saja permasalahannya terdapat pada salah satu fitur Windows yang satu ini.

Iklan

2 tanggapan untuk “Menonaktifkan Windows Search pada Windows 8.1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s