Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-49 Tahun 2013

Mungkin terlambat 2 hari, namun saya hendak menyampaikan – Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-49 – terutama bagi rekan-rekan dan sejawat yang bekerja dan bertugas dalam pengabdian di mana pun di seluruh pelosok negeri ini. Selama setahun terkahir, saya melihat sendiri bagaimana sejawat berusaha menjalankan profesi dengan sebaik-baiknya, bahkan pada infrastruktur kesehatan yang masih begitu jauh dari sempurna.

Terutama mereka yang berada di garis depan di layanan kesehatan primer, saya bisa menyaksikan sendiri kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dan juga yang pernah saya hadapi. Ini masih di Pulau Jawa yang dalam catatan termasuk memiliki pembangunan yang baik di bandingkan banyak pulau-pulau lainnya di nusantara.

Setahun terakhir juga saya memerhatikan bahwa isu-isu kesehatan yang begitu kompleks. Bahwa sistem kesehatan tidak hanya berpotensi rusak dari dalam oleh tindak korupsi oknum-oknum tertentu, tapi juga mereka yang gemar memancing di air keruh dengan memanfaatkan kelemahan di bidang pelayanan kesehatan demi keuntungan pribadi. Padahal jika mereka menyumbangkan diri bagi pembangunan kesehatan negeri ini, maka tentu saja akan memberikan perubahan yang bermakna.

Saya tidak akan berkata banyak, saya berharap, kondisi kesehatan masyarakat di negeri ini akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu; masyarakat menjadi lebih peduli pada hal-hal yang esensial bagi kesehatan mereka, bukan hanya melulu mengejar pengobatan gratis, karena sehat jauh lebih berarti daripada sakit walaupun sakit itu gratis; tentu saja bagi saya sendiri untuk dapat terus mengasah kemampuan dan keahlian saya di bidang kesehatan yang tampaknya tiada berujung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s