Memasang OpenEMR pada openSUSE 13.1

Beberapa waktu lalu, saya melakukan dual-boot kembali Windows 8.1 yang saya gunakan dengan openSUSE 13.1 Bottle. Tujuan saya adalah menggunakannya untuk mencoba memasang dan mempelajari openEMR, sebuah aplikasi rekam medis plus berbasis open source. Saya sengaja tidak menggunakan Windows untuk ini, karena nanti saat presentasi saya ingin menggunakan Linux, dan server di tempat kerja saya juga berbasis Linux, meskipun sementara kami kekurangan tenaga IT untuk mengelolanya.

Selain OpenEMR sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang sejenis, misalnya GnuMED atau OpenVisTa yang cukup terkenal di Amerika. Saya sendiri belum mencoba keduanya, jadi saya hanya mendemonstrasikan ini dan memperlihatkan bahwa SIM-RS sederhana dapat dibangun dengan menggunakan aplikasi berbasis open sorce yang akan menghemat anggaran.Ini adalah beberapa lakah sederhana yang saya kumpulkan dalam mempersiapkan openEMR berjalan di openSUSE. Kalau bertanya apakah bisa digunakan di Linux lainnya, tentu saja bisa, menggunakan Ubuntu malah lebih sederhana lagi ketika saya mencobanya. Tapi sederhana karena saya memang tidak terbiasa menjadi pengguna Linux dalam arti yang sebenarnya.

OpenEMR
Ilustrasi antarmuka OpenEMR yang diakses dari Firefox. Sumber: Blog Regional Extension Center.

Pertama, tentu saja perlu memasang openSUSE Linux dulu, versi terkini bisa didapatkan di: http://software.opensuse.org/. Saya memilih versi 32-bit, biasanya cukup aman untuk eksperimen seperti ini (my gut tells me that way).

Kedua, siapkan tipe server yang akan digunakan. Saya memilih menggunakan XAMPP yang bisa diunduh di: http://www.apachefriends.org/en/xampp.html. Karena jika terjadi kerusakan, tinggal dibilas habis saja (again, my gut tells me that way).

Saya mengunduh XAMPP Linux 1.8.3 untuk keperluan ini, ada versi 32-bit dan ada versi 64-bit.

Ketiga, saya mengunduh berkas instalasi OpenEMR yang bisa didapatkan di http://www.open-emr.org/wiki/index.php/OpenEMR_Downloads. Saya memilih versi dengan nama berkas: openemr-4.1.2.tar.gz karena ini adalah yang paling baru.

Keempat, langkah selanjutnya setelah kedua berkas tersedia adalah melakukan pemasangan. Pemasangan XAMPP tinggal pergi ke map di mana unduhan berkas instalasi XAMPP berada, lalu klik kanan di dalam map unduhan (download folder) dan pilih “open in terminal“.

Terminal terbuka, ketika perintah untuk masuk sebagai super user, mengubah izin berkas instalasi, dan melakukan instalasi:

su
chamod 755 xampp-linux-1.8.3-2-installer.run
./xampp-linux-1.8.3-2-installer.run

Maka sebuah jendela antarmuka grafis akan muncul melanjutkan proses pemasangan. Lanjutkan hingga selesai, dan boleh mulai sebentar XAMPP untuk Linux, jika merasa localhost sudah baik, bisa ditutup kembali. Tentu saja kita harus tahu bagaimana cirinya localhost berjalan dengan baik saat menggunakan XAMPP. Harus diingat bahwa XAMPP terpasang di alamat /opt/lampp pada openSUSE (dan Linux lainnya).

Kelima, memasang OpenEMR adalah langkah selanjutnya. Hal yang sama dilakukan ada membuka jendela terminal pada lokasi berkas unduhan OpenEMR.

Lakukan ekstraksi berkas yang tersedia dengan perintah:

tar -pxvzf openemr-4.1.2.tar.gz

Perintah tersebut akan membuat sebuah map bernama: openemr-4.1.2 pindahkan map tersebut ke map htdocs milik XAMPP dan ubah nama map menjadi openemr saja (tanpa nomor versinya). Gunakan perintah (sebaiknya dalam mode super user):

sudo mv openemr-4.1.2 /opt/lampp/htdocs/openemr

Jika Anda benar, maka berkasnya sekarang sudah berada di lokasi yang tepat. Dan pemasangannya selanjutnya menggunakan peramban, pilih peramban favorit, saya lebih suka menggunakan Firefox. Dan masuk ke localhost/openemr, kemudian di sana akan dimulai pembuatan/pemasangan openEMR, seperti kita memasang WordPress secara manual. Beberapa hal perlu diperhatikan:

  • Pemasangan berlanjut dalam tahapan, pastikan membaca tahapan secara seksama dan mengisi borang yang disediakan, terutama bagian nama pengguna, hak akses dan kata sandi.
  • Jika database OpenEMR belum ada, misalnya untuk pemasangan pertama kali, jangan lupa memilih membuat database dalam salah satu tahap instalasinya. Dan biasanya memang wajib demikian, dengan membiarkan pilihan pada: “Have setup create the database“.
  • Setelah selesai pemasangan, (dapat) lakukan pembersihan aplikasi berikut dengan hak super user:
  • chmod 644 openemr/library/sqlconf.php
  • chmod 600 openemr/acl_setup.php
  • chmod 600 openemr/acl_upgrade.php
  • chmod 600 openemr/sl_convert.php
  • chmod 600 openemr/setup.php
  • chmod 600 openemr/sql_upgrade.php
  • chmod 600 openemr/gacl/setup.php
  • chmod 600 openemr/ippf_upgrade.php
  • Lalu, kadang harus menyunting sejumlah setelah PHP, terutama agar tidak memperlihatkan catatan galat yang mengganggu, memperbesar memori akses, dan memperpanjang waktu eksekusi. Semuanya bisa disunting menggunakan aplikasi nano (perintah sederhana menggunakan nano bisa dipelajari di: http://www.howtogeek.com/howto/42980/) dengan menjalankan perintah di terminal: sudo nano /opt/lampp/etc/php.ini

Terkahir, semua sudah terpasang, sekarang bisa masuk ke localhost/openemr dan mulai menjalankan aplikasi OpenEMR, pastikan bahwa XAMPP telah dimulai sebelum mulai menggunakan OpenEMR. Hanya saja banyak yang harus saya pelajari untuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik, tapi untuk sekadar presentasi awal sehingga kantor mungkin bersedia mencari ahli yang lebih tepat mungkin akan sangat bermanfaat.

Iklan

3 thoughts on “Memasang OpenEMR pada openSUSE 13.1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s