Avira Keluar dari Jajaran AV untuk Linux

Saya baru saja menemukan bahwa Avira sudah keluar dari jajaran perusahaan yang menyediakan aplikasi keamanan antivirus untuk distribusi Linux. Pertama mungkin karena pasar Linux pada komputer pribadi memang sedikit, dan pada jajaran server atau workstation, distribusi Linux memang nyaris tidak memerlukan antivirus; kembali ke pertanyaan klasik, mengapa perlu antivirus untuk Linux?

Alasan resmi dari Avira adalah karena pengguna produk antivirus mereka untuk Linux menurun dari tahun ke tahun, sehingga pertengahan tahun 2013 ini, lisensi terakhir mereka dibagikan baik yang gratis maupun berbayar. Dukungan terakhir akan diberikan hingga tahun 2016 (tidak sampai akhir tahun), hingga Avira tidak akan lagi tersedia bagi Linux.

Berikut adalah pengumuman dari Avira di situs resmi mereka:

With its powerful Antivirus solutions, Avira is especially able to meet the needs of the consumer and micro/small business markets. Today, these fields almost exclusively rely upon Windows or Mac operating systems. By comparison, Linux installations have been declining steadily for years.

As a result, by June 30, 2016, we will discontinue our Linux product sector and concentrate increasingly on developing Avira’s Windows and Mac OS system product portfolio only. Specifically, Avira AntiVir Professional Linux, Avira Server Security Linux and Avira Free Antivirus Linux will be discontinued and Avira Endpoint Security and Avira Business Security Suite will be offered without Linux support.

Even though the active sales and further development of Linux products will end on June 30, 2013, Avira will continue delivering detection updates (engine and VDF updates) for these solutions.

However, please note that from July 2013 on, new licenses and license renewals for all Linux products will no longer be available. In individual cases, a licensing exception to existing Linux systems may be considered for users until the end-of-life date.

Saya sendiri tidak terlalu memusingkannya, karena di Linux masih terdapat sejumlah perangkat lunak antivirus yang bisa digunakan – meskipun sekali lagi, tidaklah esensial – dan bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Avast, mungkin menyediakan Avast Home Linux Edition yang sudah dibangun sejak tahun 2005. Memang salah satu AV di Linux yang paling lawas, tapi masih dapat berfungsi dengan baik di sejumlah distro.

Yang cukup populer saat ini mungkin BitDefender untuk Linux dan Comodo Antivirus for Linux. Dua-duanya mendukung edisi 32-bit dan 64-bit. Saya mungkin akan lebih suka BitDefender untuk Linux, karena berkas instalasi terpisah antara dua edisi tersebut, dan terus terang saya bukanlah penggemar produk-produk Comodo (yang berawal dari Firewall-nya).

Sedangkan pengguna kantoran yang tidak bisa menggunakan produk-produk gratis di atas oleh karena lisensinya yang terbatas tidak bisa digunakan oleh non-pribadi, maka solusi seperti ClamTk atau induknya ClamAV juga bisa. Bahkan di Windows, ClamWIN disarankan bagi perusahaan yang tidak memiliki banyak anggaran membeli perangkat lunak antivirus.

Tapi semuanya kembali pada Anda, pengguna Linux, apakah hendak menggunakan antivirus ataukah tidak, karena pada akhirnya pengguna biasa tidak akan terlalu banyak melihat manfaat yang didapatkan dari memasang produk antivirus pada Linux mereka. Apalagi karena sistem “root” sangat kental di Linux, berbeda dengan turunannya Android yang banyak memberikan akses terbuka pada “root” di mana malware bisa menemukan celah masuk.

Iklan

2 thoughts on “Avira Keluar dari Jajaran AV untuk Linux

  1. wah…, makin berkurang para penyedia antivirus yang mampu berjalan di sistem linux ya…..,

    mungkin
    di linux sendiri tidak begitu memerlukan antivirus ini, tapi yang dual
    boot mungkin masih bisa berguna bli, mengingat terkadang suatu virus
    sangat susah dibunuh lewat si Windows, bisa di-scan dan dihapus lewat
    linuxnya……

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s