Mencoba Memilih Laptop Toshiba

Kemarin menemukan latop tua Toshiba di kantor, sudah usang dan masih berbasis Windows XP era awal – saya bahkan tidak mengenal variannya dari seri apa. Dulu laptop Toshiba cukup terkenal sebelum bermunculan merk baru seperti Acer, Axioo dan lainnya yang meramaikan pasar selain gempuran produk perusahaan yang lebih saya kenal sebelumnya seperti Asus dan Funjitsu. Mereka semua memiliki kualitasnya masing-masing, tapi, Toshiba tentu mengingatkan pada sejarah.

Saya sebenarnya ingin diberikan laptop tersendiri untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, tapi apa boleh buat, sepertinya sulit terwujud, sementara cuma bisa melirik mana yang diinginkan. Jalan-jalan ke sejumlah toko daring/online seperti Lazada Indonesia tampanya menarik. Saya memerhatikan sejumlah toko, dan melihat koleksi, mereka punya cukup banyak (untuk dipilih tentunya).

Beberapa contoh laptop/notebook yang saya perhatikan, kebanyakan memiliki desain serupa, artinya tidak ada yang terlalu berbeda mencolok di antara satu seri dengan seri lainnya.

Memang seperti dulu, penamaan laptop Toshiba masih khas, seperti Satellite yang biasanya saya asumsikan kelas menengah ke bawahnya, di mana harganya jarang yang ada di atas sepuluh juta rupiah. Lalu ada seri Portege, saya asumsikan kalangan menengah ke atas, yang tidak ada di bawah sepuluh juta rupiah. Dan tentu saja seri impian saya adalah seri Qosmio, buat main video game sepuasnya (padahal sih sekarang sudah tidak sempat lagi) yang harganya tidak usah ditanya lagi, bisa lihat langsung seperti gambar di bawah ini.

Toshiba Qosmio X70-A101X di Lazada.co.id
Toshiba Qosmio X70-A101X. Sebuah laptop kelas elit, spesifikasinya bisa membuat berliur dengan layar 17,1″ dan kualitas HD dilengkapi Blu-Ray. Belum lagi jeroan Intel i7 dengan dampingan RAM 16GB serta kartu grafis mumpuni. Jangan lupa HDD berkapasitas 1TB yang bisa jadi gudang harta. Harganya? Bisa klik langsung gambar di atas jika masih penasaran.

Saya rasa, ya semua orang akan tertarik dengan laptop high-end semacam itu. Karena pastinya sekali membeli, pasti akan benar-benar bisa dimanfaatkan sampai maksimal. Terakhir kali saya membeli laptop dengan harga yang setara dengan harga sepeda motor baru, saya membawanya laptop itu dengan kondisi baik hingga sekarang, jadi mahal itu merupakan investasi yang harus kita perhitungkan ke depannya untuk membeli laptop.

Tapi saya pastinya akan bertanya lagi jika mengajukan laptop yang bahkan tidak dibeli walau dengan pendapatan saya selama setahun penuh, apa iya itu yang nantinya akan diperlukan di kantor?

Kembali pada aturan penganggaran, jika hanya untuk keperluan perkantoran dengan sedikit keperluan grafis. Biasanya saya melihat laptop pada kisaran harga dari lima juta rupiah hingga sepuluh juta rupiah, dengan perkiraan penggunaan baik selama lima tahun. Ini artinya saya harus bisa mengganggarkan sekitar satu hingga dua juta rupiah per tahun untuk sebuah latop, saya rasa itu cukup terjangkau. Dan Notebook Toshiba dari jajaran Satellite mungkin adalah lirikan yang tepat dengan pola anggaran seperti itu.

Teorinya, saya akan memilih jajaran Toshiba L40 dengan kisaran harga yang miring. Jika saya tidak terlalu memerlukan performa grafis, saya mungkin akan memilih Toshiba Satellite L40 yang standar, saya menggunakan notebook dengan prosesor sejenis tapi kelasnya lebih di bawah, dan saya bisa mengerjakan tugas perkantoran dengan memanfaatkan sistem operasi Linux (maklum, ndak punya dana beli Windows asli).

Jika saya menginginkan komputasi yang lebih baik dengan berani meningkatkan harga beli, saya mungkin akan memilih Toshiba Notebook – L40-AS101G yang memiliki prosesor (dan HDD?) yang lebih baik. Jika saya ingin laptop berusia agak panjang saat sering dipindah-pindah, saya mungkin mempertimbangkan seri Toshiba Satellite L40-AS101B yang memiliki penyerap kejut pada harddisk-nya, laptop lama saya bisa bertahan baik hingga tujuh tahun ini menggunakan teknologi serupa, plus ada pemutar DVD-nya.

Namun jika Anda menginginkan laptop Toshiba dengan plus terpasang Windows Genuine di dalamnya, maka Anda mungkin perlu menyiapkan dana ekstra, karena laptop yang membawa Windows-nya sendiri tentu akan lebih mahal, ataupun Anda ingin membeli Windows asli untuk laptop tersebut (tanpa memandang perusahaan pembuat laptop).

Ada banya Laptop Toshiba di Lazada.co.id, saya melihat beberapa saja dan membandingkannya sesuai kebutuhan saya. Anda mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, kira-kira laptop mana yang menjadi pilihan Anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s