Browser Cleanup dari avast!

Setiap produk avast! antivirus dari versi gratis hingga berbayar memiliki fitur yang namanya “browser cleanup“. Fungsinya sangat sederhana, yaitu membersihkan bilah alat dan pengaya yang tidak diinginkan pada peramban; dalam bahasa kerennya “unwanted toolbar and add-on on browser“. Seperti misalnya peramban kesayangan Anda, Mozilla Firefox atau Google Chrome yang Anda gunakan dipenuhi dengan toolbar hingga pemandangan sesak, maka fitur ini bisa membantu Anda membersihkannya.

Caranya sederhana saja, tinggal akses “browser cleanup” dari jendela antarmuka avast!, lalu bersihkan semua yang membandel itu. Dan selesai sudah. Video berikut mungkin bisa memberi sedikit gambaran.

Ini adalah fitur lama, tapi tampaknya belum banyak orang yang memanfaatkannya. Seringkali peramban yang mereka gunakan dihinggapi oleh “hama” yang bernama bilah alat & pengaya pihak ketiga yang tidak berguna, bahkan kadang berbahaya karena mengirimkan data-data kita ke pihak yang tidak kita ketahui.

Hanya saja untuk beberapa kasus keras kepala, mungkin saja cara sederhana ini tidak akan membantu; di mana pada situasi ini Anda perlu mempertimbangkan alat penghancur adware lainnya yang lebih spesifik hingga membenahi registry pada Windows Anda. Tapi pada kasus yang umum, teknik ini sangat membantu, membuat tampilan peramban Anda layaknya perawan lagi. Jika Anda masih khawatir, bisa memanfaatkan mode privasi/incognito/sebagainya di peramban Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s