Ghostery versus Disqus

Beberapa lama ini saya memerhatikan bahwa Disqus tidak bisa diakses dengan baik ketika saya menggunakan Firefox dan Chrome pada Windows. Disqus tidak dapat dibuka bagian komentarnya, kesannya seperti javascript yang diblok. Namun saya tidak berhasil menemukan penyebabnya, karena baik di Linux dan di Windows, saya sama-sama menggunakan setelan peramban yang sama melalui fitur sinkronisasi multiplatform.

Awalnya saya mencurigai sejumlah pengaya seperti Ghostery atau Adblock Plus yang memiliki kemampuan untuk memblok markah tertentu pada halaman web. Tapi kalau saya sudah memastikan semua pengaya tersebut mengizinkan Disqus sebagai aplikasi/markah yang diizinkan.

Saya sempat mengira bahwa ada setelan tertentu dalam aplikasi antivirus atau firewall yang menyebabkan hal ini terjadi. Tapi ternyata, peramban Opera tidak menunjukkan gejala yang sama, artinya setelan yang menyebabkan fenomena ini ada di Firefox atau Chrome.

Ghostery
Ghostery, salah satu pengaya paling ampuh untuk melindungi privasi kita ketika berselancar. Sumber: Ghostery.com

Saya mencoba mematikan pengaya Ghostery pada Firefox, dan hasilnya Disqus kembali tampil seperti sedia kala. Ini berarti memang Ghostery penyebabnya.

Lalu saya mengaktifkan kembali Ghostery, rupanya masalah tadi tidak muncul lagi. Maka saya menduga penyebab semua ini karena adanya cache dari pengaya ini yang tersisa pada peramban, mungkin dulu saat melakukan pembaruan, sejumlah setelan lama (termasuk bug) ikut terbawa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s