Clinica – Rekam Medis Sederhana Multiplatform

Rekam medis elektronik sudah menjadi tuntutan bagi penggemar paperless world saat ini, dan sediannya banyak sekali di pasaran. Clinica Project, salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh programer dari Italia mungkin termasuk yang paling sederhana yang bisa didapatkan dari pasaran. Aplikasi ini bisa berjalan di Linux dan Windows, dan bisa digunakan untuk sebuah jaringan Intranet.

Bisa dikatakan Clinica Project masih cukup hijau, tampilannya sangat sederhana, dan lembar rekam medisnya juga sederhana. Namun mereka sudah berencana mengembangkan open source ini agar terintegrasi dengan CNS Smart Card – semacam kartu JKN BPJS Kesehatan di Italia sana. Saya kadang berpikir, kapan di Indonesia ada yang mau membuat aplikasi seperti ini – bersemangat open source dan untuk mendukung keperluan banyak orang?

Kembali ke Clinica Project, jangan khawatir meskipun buatan Italia, sudah terdapat terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Saya sempat membantu melakukan pelokalan ke dalam bahasa kita hingga 100% diterjemahkan melalui halaman Launchpad. Jika Anda merasa ada terjemahan yang keliru, silakan masuk ke halaman Launchpad untuk mengusulkan pembenahan. Jika tidak, berharaplah rilis berikutnya sudah ada yang berbaik hati menerjemahkan.

Clinica Project
Aplikasi Clinica dalam antarmuka bahasa Indonesia dijalankan pada Ubuntu 13.10 edisi 64-bit.

Jika ada yang saya sukai, maka itu karena Clinica memberikan kesan mengisi rekam medis yang begitu sederhana dan bersih (nyaman dipandang). Mengetiknya cukup bebas, seperti saat saya ngeblog atau menulis sederhana.

Aplikasi terapan rekam medis elektronik sederhana tentu saja tersedia secara gratis, karena merupakan open source, namun Anda tetap dapat memberikan sumbangan pada para pengembang baik dengan dana tunai maupun ide dan pelaporan bug. Jika Anda pengembang, Anda bisa mengadaptasinya untuk dapat diterapkan di tempat Anda.

Bagi dokter yang melakukan praktek pribadi, dan tidak ingin menghabiskan banyak tempat untuk rekam medis, maka peranti lunak Clinica bisa dijadikan salah satu piliha beralih ke rekam medis elektronik. Beberapa fitur yang disediakan adalah:

  • Menambah pasien (termasuk menambahkan nomor sosial mereka, untuk BPJS misalnya)
  • Menambah dokter (jika merupakan tempat praktek bersama)
  • Menambah daftar obat beserta harganya
  • Kalender untuk perjanjian kunjungan
  • Mencadangkan dan memulihkan database.

Jika masih ada fitur lain yang Anda inginkan, bisa diusulkan melalui halaman cetak biru (Blueprint) di Launchpad.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s