BBM Berbagi Lokasi

Aplikasi seri BBM anyar versi Android yang saya pegang sekarang berisi fitur “sharing location” tidak bisa saya pahami untuk apa dipasang di sana. Berbagi lokasi mungkin menarik bagi beberapa orang, tapi tidak untuk orang lainnya. Aplikasi BBM saat ini sudah banyak sekali menguras daya dan pita Internet di Android, lalu jika fitur ini dinyalakan, entah berapa banyak lagi beban yang diakibatkan.

Dulu jika tidak salah, Google pernah mencoba hal yang sama melalui Google Latitude, tapi berselang beberapa tahun layanan tersebut ditutup karena tidak memberikan ketertarikan. Tampaknya orang lebih suka memanfaatkan layanan yang hanya memberikan di mana dia berada dan masuk ke tempat-tempat populer. Dimulai oleh Foursquare, kemudian ditiru oleh banyak jejaring sosial populer lainnya seperti Google dan Facebook.

BBM sharing location.
BlackBerry berbagi likasi menggunakan dukungan dari Glympse Inc.

BlackBerry mengakses langsung GPS pada ponsel, dan memberikan lokasi kita pada rekan atau kontak BBM yang hendak kita beritahukan lokasi kita.

Mungkin aplikasi ini membantu bagi dua orang atau beberapa pihak yang ingin bertemu di suatu lokasi, rapat atau reunian misalnya. Tapi ini hanya akan membantu jika lokasi pertemuan itu baru bagi orang-orang tersebut, mereka yang sudah terbiasa dengan lingkungan atau kotanya, mungkin tidak akan menggunakan aplikasi ini.

Kadang saya tidak yakin jika aplikasi ini sinkron dengan ponsel BlackBerry sendiri, terutama yang model lawas. Beberapa hari yang lalu, saya “diprotes” teman karena menggunakan emotikon yang tidak terbaca via BBM. Padahal emotikon itu didapatkan dari pembaruan aplikasi BBM di Android. Ketika saya minta dia memperbarui aplikasi BBM di ponsel BlackBerry miliknya, dia tetap tidak bisa melihat emotikon saya, akhirnya saya kena protes lagi. Bisa jadi hal yang sama terjadi pada fitur ini.

Tapi kembali pada popularitas pasar. Seperti dulu orang bertanya, siapa yang akan membeli teh dalam botol atau air mineral dalam kemasan? Siapa tahu fitur baru ini malah disukai banyak orang. Tapi saya sendiri mungkin belum kepikiran akan digunakan untuk apa.

Apa yang akan kita lakukan jika kita mengirim orang posisi kita selama beberapa menit ke depan?

Iklan

2 thoughts on “BBM Berbagi Lokasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s