Sekilas Tentang Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin (Hodgkin Lymphoma) bermula dari sistem limfe – salah satu sistem pertahanan tubuh kita dalam, biasanya pada sebuah nodus limfe. Penyakit ini bisa ditemukan ketika pasien mengeluh (atau tanpa sengaja pada pemeriksaan ditemukan) pembesaran nodus limfe pada leher, dada, atau area tubuh lainnya.

Penyakit ini akan dimulai ketika sebuah limfosit (hampir selalu merupakan sel B) menjadi abnormal. Sel yang tidak wajar ini membagi diri dan membuat salinan dirinya. Demikian selanjutnya salinan-salinan sel ini terus membelah diri, menjadikan sel-sel abnormal menumpuk.

Ketika sel-sel darah putih berkumpul di sekitar sel-sel abnormal, nodus limfa yang mengandung sel-sel abnormal menjadi membengkak. Sel-sel abnormal bisa menyebar melalui pembuluh-pembuluh limfe atau pembuluh-pembuluh darah ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Meskipun sel-sel normal mati ketika mereka tua atau rusak, namun sel-sel abnormal tidak mati. Tidak seperti sel-sel normal, maka sel-sel abnormal tidak bisa melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan Limfoma Hodgkin memiliki tipe klasik. Pada limfoma Hodgkin klasik, sel yang abnormal disebut sebagai sel Reed-Sternberg.

Reed–Sternberg (HRS) cells
Ilustrasi lingkungan mikro dari “Reed–Sternberg (HRS) cells”, sel Hodgkin dan sel-sel lainnya yang saling berinteraksi. Sumber: nature.com

Sel-sel lain juga bisa ditemukan pada limfoma Hodgkin klasik, sel ini disebut dengan sel Hodgkin. Mereka lebih besar daripada limfosit yang normal namun lebih kecil dibandingkan Reed–Sternberg (HRS) cells.

Ada juga jenis lain yang langka di mana memiliki sel-sel abnormal yang disebut sel limfosit-predominan, sehingga tipe ini disebut Limfoma Hodgkin limfosit-predominan. Untuk kasus langka seperti ini, pendekatan tatalaksana dan terapinya akan berbeda.

Ketika seorang penderita telah diketahui, maka ia perlu menjalani sejumlah tes lagi untuk membantu perencanaan terapinya ke depan. Namanya staging test, digunakan untuk mengetahui stadium penyakit ini, seperti misalnya apakah limfoma sudah menyebar ke nodus limfe atau bagian tubuh lainnya.

Limfoma umumnya menyebar dari satu kolompok nodus limfe ke kelompok nodus limfe terdekat. Sebagai contoh, limfoma yang berasal asalinya dari nodus limfe leher akan sangat mungkin penyebaran awalnya ke kelompok nodus limfa di dada bagian atas, lalu ke bagian lipatan lengan, baru kemudian ke bagian dalam dada. Pada waktunya nanti, limfoma bisa meluas hingga ke pembuluh darah dan menyebar hampir ke seluruh bagian tubuh, seperti hati, paru, tulang dan bahkan sumsum.

Maka tes untuk mengetahui stadium ini bisa melibatkan tes-tes canggih seperti CT Scan, PET Scan, hingga biospi sumsum tulang. Stadium biasanya ditentukan dengan dua hal, pertama adalah jumlah dan lokasi pembuluh limfe yang terlibat atau memiliki sel-sel limfoma Hodgkin. Kedua apakah penyakit sudah menyebar ke organ-organ lain seperti hati, paru, dan tulang. Stadium biasanya diberikan dengan menggunakan angka Romawi: I – IV, Stadium I adalah yang paling ringan, dan stadium IV adalah yang sudah menyebar ke organ lainnya. Ada juga yang menggunakan stadium A, B, E, dan S sebagai tambahan stadium dengan angka Romawi tadi, misalnya stadium IIIS akan menyatakan bahwa limfoma berada sudah mengekspansi wilayah di kedua sisi diafragma dan ditemukan pada limpa (spleen).

Terapi yang diberikan beragam, seperti kemoterapi, radioterapi, hingga transplantasi sel stem yang berfungsi untuk memperbarui sel sehat yang juga ikut mati saat terapi berlangsung. Selama terapi, penderita mungkin kehilangan nafsu makan, namun sangat penting bagi penderita untuk tetap makan makanan yang bergizi, guna mempertahankan tanaga dan berat badannya.

Kasus limfoma Hodgkin biasanya ditangani langsung oleh ahli onkologi yang ada di rumah sakit pusat di masing-masing provinsi, atau rumah sakit khusus kanker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s