OneDrive – Alternatif Penyimpanan dan Perkantoran Awan

Sistem pencadangan (backup), penyimpanan (drive), dan perkatoran (office) sudah memasuki era awan (cloud technology). Di mana sekarang kita bisa mengetik, menyimpan dan mencadangkan berkas-berkas tanpa perlu menyimpannya di komputer kita, namun langsung di komputer server masing-masing pemberi layanan.

Dropbox mungkin yang paling ternama di bidang penyimpanan dan pencadangan daring selain produk Google, yaitu Google Drive. Tapi yang banyak menyita minat saat ini seiring berkembangnya teknologi Windows Phone, tentunya adalah tawaran dari Microsoft akan produk lawas yang diperbarui oleh mereka, yaitu OneDrive yang dulu dikenal sebagai SkyDrive.

Untuk dunia perkantoran, saya rasa penggunaan Google Drive lebih memuaskan, tapi untuk pengguna pribadi maka OneDrive bisa menjadi salah satu produk yang diunggulkan.

OneDrive esensinya adalah tempat penyimpanan dan penyuntingan dokumen awan, mulai dari aplikasi Office Online seperti Word Online, Excel Online, PowerPoint Online, Note Online, serta gabungannya dengan aplikasi kalender, kontak, serta email Outlook.com dari Microsoft. Kesemuanya ini membuat pengguna mendapatkan aplikasi all-in-one ala Microsoft secara gratis hingga batasan tertentu.

Word Online
Menggunakan Word Online salah satu aplikasi yang tersandingkan dengan OneDrive dari Microsoft Live!

Jika Anda memiliki Microsoft Office 2010 atau 2013, maka fitur OneDrive telah terintegrasi ke dalamnya. Saat kita mengetik, kita bisa menyimpan hasil ketikan di OneDrive langsung saat memilih “save” atau “save as“.

OneDrive otomatis tersedia bagi pengguna Windows 8 dam 8.1, juga pengguna Windows Phone, dan mungkin nanti juga perangkat Nokia X yang segera rilis. Sedangkan pengguna iOS dan Android bisa mengunduh di toko aplikasi masing-masing perangkat. Pengguna Linux mungkin akan menggunakan aplikasi web yang mereka sediakan.

Tempat yang disediakan tidak banyak, namun beberapa 6-10 GB saya rasa cukup untuk menyimpan data-data dan dokumen penting kita agar tetap aman.

Anda yang hendak menggunakan OneDrive bisa menggunakan rekomendasi saya untuk mendapatkan tambahan 0,5GB tambahan ruang, cukup dengan menggunakan/klik tautan berikut:

Get OneDrive Free + Extra 0,5GB Cloud Storage Space

Anda masih bisa mendapatkan tambahan 500 MB lagi dengan merekomendasikannya pada sahabat-sahabat Anda dengan menggunakan cara yang sama seperti yang saya gunakan di atas.

Selamat menikmati layanan penyimpanan awan dari Microsoft ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s