Fastlane pada Nokia X Android

Mungkin belum banyak yang kenal dengan Fastlane dari Nokia sejak popularitas Nokia meredup karena dikerubungi oleh ponsel-ponsel berbasis Android. Kini Nokia membawa Fastlane ke produk terbarunya Nokia X. Fastlane adalah tipe antarmuka yang diterapkan di Nokia X (dan sebelumnya di seri Asha), sehingga tampak menyerupai antarmuka Windows Phone.

Saya melihat iklan Fastlane beberapa kali, dan bagi saya cukup menarik dari konsep yang ditawarkan. Fastlane tampaknya mengacu pada mereka yang sangat aktif berkomunikasi menggunakan ponsel mereka, baik via pesan teks, surat elektronik, maupun jejaring sosial seperti Facebook, dan Nokia menyediakan itu dalam sebuah wadah antarmukanya tersendiri.

Mungkin Fastlane juga yang membuat beberapa seri Asha tetap bertahan di antara gempuran produk-produk ponsel murah buatan negara-negara Asia, terutama Cina dan Korea.

Saat ini Fastlane pada Nokia X diiklankan telah mendukung media besar seperti Twitter, Facebook, WeChat, Opera, hingga sejumlah permainan video populer. Meskipun beberapa aplikasi harus menggunakan pihak ketiga (seperti untuk bisa mendapatkan WhatsApp pada Nokia X).

Saya melihat Nokia X memang tidak memiliki layar sentuh kelas atas, tidak memiliki kamera kelas atas, meskipun sudah didukung oleh perangkat penggerak kelas menengah. Namun tampaknya Nokia bertaruh pada antarmuka Fastlane menjadi salah satu daya pemikat bagi para pengguna Nokia lawas yang menginginkan sistem operasi Android di tangan mereka.

Nokia X sudah mulai menggeliat di pasaran, dan harganya tidak relatif tinggi. Bagi yang tidak memiliki anggaran luar biasa Nokia X mungkin menjadi pilihan yang sangat menggoda.

Iklan

4 thoughts on “Fastlane pada Nokia X Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s