Penjaminan Bayi Baru Lahir untuk PBI BPJS Kesehatan

Beberapa waktu yang lalu, banyak menyeruak pertanyaan, jika salah satu atau kedua orang tua bayi baru lahir adalah penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah untuk program jaminan kesehatan nasional (JKN), lalu apakah perawatan bayi ini ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan?

Pagi ini di tangan saya telah sampai surat edaran (393/Divre-VI/2014) dari kantor BPJS Kesehatan regional VI, suratnya tertanggal akhir bulan yang lalu. Surat ederan ini menjelaskan bagaimana sistem penjaminan bayi baru lahir dari peserta PBI BPJS Kesehatan, namun tidak untuk peserta non-PBI).

Kesulitan selama ini karena PBI harus diperbarui datanya secara berkala, dan bayi baru lahir tentu saja tidak akan tercantum di database PBI-JK (istilahnya, belum dapat dilakukan perekaman pada masterfile kepesertaan).

Sehingga jika terdapat bayi baru lahir (terutama di rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan), maka dibagi ke dalam kategori administrasi asuransinya. Pertama, jika hal tersebut adalah persalinan normal, maka penjaminan bayi baru lahir telah termasuk biaya klaimnya pada biaya klaim persalinan normal. Dalam hal ini, selama masa transisi (yang entah berlangsung sampai kapan), memang rumah sakit tidak melayani persalinan normal untuk peserta BPJS Kesehatan; namun jika ibu hamil telah tiba di rumah sakit dalam kondisi in partu, maka pihak rumah sakit harus membantu persalinan normal di lakukan di ruang bersalin rumah sakit atau instalasi gawat darurat.

Sedangkan untuk bayi dari persalinan yang bermasalah, maka penagihan klaim dibuatkan secara manual terpisah dari paket SEP ibunya, dengan menggunakan nomor kartu salah satu orang tua sah bayi.

Sehingga, bayi baru lahir dari orang tua peserta PBI JKN dapat tetap dilayani walau belum dapat didaftarkan secara daring, sehingga pencatatannya dilakukan dalam borang terpisah. Salinan lunak borang pencatatan bisa dimintakan pada kantor BPJS Kesehatan setempat untuk diperbanyak dan digunakan sebagai pelaporan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s