Menyambut Hari Kesehatan Sedunia 2014

Hari kesehatan sedunia atau World Health Day jatuh pada tanggal 9 April tahun ini; saya rasa mungkin tidak akan banyak terlihat di negeri ini karena rakyat akan disibukkan oleh pesta yang konon demokrasi pada hari yang sama.  Maka jika demikian, singkat saja saya sampaikan di sini pesan untuk Hari Kesehatan Sedunia tahun 2014 (ah…, serasa jadi pejabat saja).

Kali ini, topik Hari Kesehatan Sedunia tahun adalah “Small Bite: Big Threat”, yang artinya gigitan atau sengatan yang kecil bisa menjadi ancaman yang besar. Di seluruh dunia ada sejumlah besar keluarga serangga yang menjadi vektor banyak penyakit bagi manusia, seperti penyakit-penyakit demam berdarah, malaria, kaki gajah dan banyak lainnya.

Dan kita, memiliki kemampuan untuk menghindari penyakit-penyakit yang ditularkan melalui gigitan atau sengatan serangga-serangga ini. Di Indonesia misalnya kita mengenal gerakan 3M+ untuk mengatasi demam berdarah, dan hal ini juga bisa diterapkan pada kondisi lainnya.

Saya rasa dengan begini, setiap orang bisa menyumbangkan sesuatu untuk kesehatan masyarakat yang lebih baik. Jika kita bisa mengenal bagaimana penyakit bisa menghampiri kita, maka kita memiliki kemampuan untuk mencegahnya terjangkit di sekitar kita.

Selama Hari Kesehatan Sedunia 2014.

Iklan

4 thoughts on “Menyambut Hari Kesehatan Sedunia 2014

  1. Aku ini nggak takut nyamuk, tapi aku takut pada scabies. Mereka tidak kelihatan, tapi nongkrong di rumah-rumah dengan sprei yang jarang dicuci. Misalnya rumah kost. Atau asrama. Paling sering, pesantren.

    Suka

    1. Skabies yang ndak nyaman karena gatalnya mengganggu pas jam tidur di malam hari. Lalu kalau satu anggota keluarga tertular, yang lain juga berpotensi besar tertular.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s