Kingsoft WPS Office pada openSUSE

Belakangan ini saya menyadari saya akan bekerja dengan banyak presentasi, dan tidak nyamannya ketika banyak orang masih menggunakan Windows dan Microsoft Office – maka kebanyakan berkas presentasi akan masuk ke dalam perangkat lunak PowerPoint yang sudah terkenal sejak dulu. Perangkat lunak lain akan kesulitan untuk mendapatkan kesan yang sama elegannya. Saya sendiri lebih tenang menggunakan berkas ODP untuk presentasi, tapi tidak demikian dengan pengguna Windows.

Alternatifnya adalah mencari aplikasi lain yang bisa, setidaknya menampilkan presentasi di Linux mendekati presentasi yang dihasilkan oleh PowerPoint di Windows. Sementara LibreOffice memang bisa membuka presentasi yang memiliki format .ppt atau .pptx walau sering kali jika hendak stabil harus dikonversi lagi ke dalam bentuk .odp sehingga tidak macet di tengah presentasi, apalagi menggunakan netbook low end.

Lalu saya mengunjungi Internet untuk mendapatkan pencerahan kira-kira adakah aplikasi yang bisa saya gunakan untuk presentasi dapat harus susah payah mengubah format dan kadang melakukan sentuhan tambahan?

Jawaban sederhana yang pertama keluar adalah menggunakan OneDrive dari Microsoft, tentu saja aplikasi awan ini bisa menampilkan presentasi dengan baik setelah saya coba. Tapi pada wilayah-wilayah perkantoran yang belum memiliki kemandirian dan ketahanan dalam jaringan Internet, mengandalkan pencadangan awan untuk melakukan presentasi bisa berakhir sebagai mimpi buruk.

Akhirnya saya mencoba memilih Kingsoft Office yang sudah cukup terkenal sebagai aplikasi perkantoran yang punya versi gratis sejak dulu.

Kebetulan mereka memiliki versi gratis untuk Linux yang merupakan Kingsoft WPS Office for Linux Alpha, yang bermakna tengah dalam pengembangan. Saya langsung saja menuju situs tersebut dan mengunduh berkas RPM yang bisa dipasang pada openSUSE yang saya gunakan. Tidak besar, sekitar 140 MB saja unduhannya.

Kingsoft Office for Linux
Tampilan aplikasi Presentation dari Kingsoft Office for Linux Alpha 12 yang saya jalankan pada openSUSE Tumbleweed. Tampak memang belum bisa melakukan konversi dengan baik, namun setidaknya lebih baik dibandingkan yang ditampilkan oleh LibreOffice 4.1.x saat ini.

Saat mengunduh berkas instalasi terbaru, saya hanya tinggal memilih membukanya dengan apper installer, sisanya sistem akan menyelesaikan semuanya. Benar-benar mudah prosesnya.

Opsi lain memasang aplikasi ini adalah menggunakan tambahan repositori yang bisa langsung dipasang dengan memanfaatkan fitur 1-click-install dari situs koleksi software openSUSE, hanya saja karena masih dalam tahap alfa, mungkin pembaruan ke dalam repositori juga tidak serta merta tersedia.

Ide saya adalah, jika ini bisa digunakan untuk presentasi, ada kemungkinan bahwa nantinya komputer yang berbasis Windows bisa disarankan menggunakan aplikasi Kingsoft yang gratis untuk mengerjakan presentasi – sehingga mereka yang menggunakan sistem operasi Linux juga bisa menyuntingnya dengan tenang. Sayangnya, versi alfa ini masih perlu pematangan, karena masih banyak yang terasa agak kurang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s