Penyunting Grafik yEd

Membuat grafik tertentu seperti hierarki tugas, struktur organisasi, pohon keluarga, diagram alir, diagram jaringan dan sebagainya kadang menyebalkan jika harus melakukan tata letak secara manual. Biasanya dulu orang menggunakan aplikasi (bajakan) Microsoft Visio, namun seiring berkembangnya aplikasi serupa seperti LibreOffice Draw, Calligra Flow, hingga Dia yang cukup populer, orang beralih pada perangkat lunak gratis tersebut.

Salah satu yang cukup mudah diterapkan di tempat kerja seperti kantor atau sekolah adalah aplikasi yEd. Aplikasi ini gratis, meskipun tampaknya bukan open source. Oleh karena berbasis Java (JRE), maka bisa dijalankan di pelbagai platform seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Yang saya suka, aplikasi buatan Jerman ini cukup sederhana, ringan dan mudah digunakan. Pengalaman pengguna menjadi sangat menarik di sini, Anda bisa bereksperimen dengan pelbagai grafik yang diinginkan, tidak peduli jika awalnya tampak berantakan, aplikasi ini akan merapikannya untuk Anda – dan tentu saja, seberapa rapi bisa disesuaikan.

yEd graphic editor
Tampilan yEd pada Windows 8 di dalam jendela kerja yang diperkecil. Saya menggunakan Java ver. 8 update 5 untuk dapat menjalan yEd versi 3.12.2

Selain kemampuannya membantu membuat grafik, hasilnya juga bisa diekspor ke dalam pelbagai bentuk; baik gambar statik maupun gambar vektor. Sehingga jika ingin dicetak dalam ukuran besar tidak akan bermasalah.

Pro:

  1. Multiplatform (Windows, Linux, Mac OS).
  2. Gratis, bahkan untuk keperluan komersial
  3. Mendukung banyak jenis grafik, termasuk tapi tidak terbatas pada UML & diagram BPMN.
  4. Mudah digunakan oleh pemula.
  5. Intuitif.
  6. Dukungan ekspor ke pelbagai format.

Kontra:

  1. Bukan open source.
  2. Tergantung pada Java/JRE, tanpa seri yang tepat tidak akan dapat dijalankan.
  3. Jumlah clip art bawaan masih terbatas.

Jika Anda kebetulan mendapatkan tugas membuat diagram alir dan sejenisnya, maka aplikasi yEd akan sangat membantu Anda. Tidak perlu menyewa orang luar untuk membuatkan diagram bagi diri Anda atau perusahaan Anda, Anda bisa mengerjakannya secara mandiri dengan yEd.

Bagi pengguna openSUSE:

Ada dua metode memasang yEd pada Linux openSUSE tergantung dari versi yang digunakan. Bagi yang menggunakan sistem 32-bit, maka dapat memasang dengan mengunduh berkas pemasangan .sh (yEd for Linux) lalu memasangnya dengan tidak lupa ditambahkan perlakuan chmod +x sebelum dieksekusi.

Untuk pengguna openSUSE 64-bit (seperti saya yang menggunakan seri Tumbleweed 64-bit), maka aplikasi ini tidak bisa “diinstal” pada sistem operasi, tetapi dapat dijalankan. Unduh berkas eksekusi yEd yang berbentuk .jar; biasanya berada dalam arsip berkas .zip. Maka ekstrasi dulu berkas tersebut, lalu jalankan berkas dengan perintah: java -jar yed.jar via terminal.

Tentunya perlu dipasang juga aplikasi java, yang dapat menggunakan open-JDK pada openSUSE, hanya saja nanti akan terdapat peringatan bahwa aplikasi java yang digunakan tidak didukung karena tidak dideteksi sebagai JRE dari Oracle.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.