Tentang Suplemen Air Perak

Suplementasi air perak banyak beredar di masyarakat. Kita sering menemukannya dengan pelbagai sebutan, seperti ion perak, koloidal argentum, nano silver, yang pada intinya serupa (perak, silver dan argentum adalah nama dalam bahasa yang berbeda untuk menunjuk senyawa yang sama dengan lambang Ag pada tabel periodik kimia). Petugas kesehatan seperti saya bisa saja berpapasan pelbagai pertanyaan tentang suplementasi yang satu ini, dan pertanyaan itu sering kali memusingkan.

Air perak bisa dikatakan sudah dikenal sejak lama, dan mungkin karena sejarahnya yang cukup panjang – hingga saat ini masih populer dan banyak yang menggunakannya. Iklan-iklan air perak bahkan tersebar di banyak halaman blog dan website (saya tidak tahu apakah pengiklan pihak ketiga akan menampilkannya juga di blog ini), dan membawa keterangan tentang khasiatnya yang beragam, mulai dari kemampuan membunuh bakteri dan virus, menyembuhkan luka, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati kanker, hingga melawan tetap menjaga stamina di saat usia senja; tentu saja dengan bahasa dagang yang menggiurkan.

Apakah perak memang meliliki khasiat tersebut? Dan apakah aman?

Perak memang konon memiliki kemampuan membunuh kuman tertentu dengan cara terikat dan menghancurkan susunan protein pada kuman. Di dunia kedokteran saat ini, silver sulfadiazine adalah salah satu obat topikal yang masih digunakan untuk pengobatan pada luka bakar derajat 3 (hanya untuk luka bakar derajat 3, bukan untuk derajat 1, dan kadang masih ditoleransi pada luka bakar derajat 2 yang agak luas). Jika Anda datang ke apotek dan meminta contoh obat ini, maka biasanya pasti tersedia, karena termasuk salah satu obat esensial yang harus ada.

Penggunaan perak puluhan tahun lalu mungkin cukup umum di dunia kesehatan, karena pada masa itu antibiotik belum ditemukan. Dan tampaknya perak bisa sangat membantu. Namun kini dengan perkembangan teknologi dan penelitian, penggunaan perak agak tersisihkan; sebagian besar mungkin karena penelitian yang dilakukan terhadap perak tidak memberikan hasil yang memuaskan, sehingga bisa dijadikan sebuah standar terapi yang lebih luas atau kompleks.

Sehingga hingga saat ini, jika ada penggunaan perak seperti pada air ion perak atau perak koloid, dunia kedokteran tidak bisa melihatnya sebagai suatu terapi yang memenuhi standar keefektifan, dan juga tentu saja standar keamanannya.

Apa yang muncul kemudian di masyarakat adalah sebuah bentuk “kepercayaan” atau “trust” terhadap bentuk-bentuk suplementasi air perak ini. Anda tidak akan menemukan rujukan medis ilmiah dalam promosi suplemen ini, tapi Anda akan menemukan testimoni dan sedikit pendapat medis dari yang bukan ahlinya tentang khasiat suplemen air perak ini. Karena sejumlah besar testimoni yang beredar cukup bisa meyakinkan masyarakat tentang khasiat dan keamanan produk ini. Beberapa membelinya dari produsen, dan yang lain membuat sendiri di rumahnya – karena produk suplemen ini bisa dibuat sendiri jika memiliki alat dan bahan yang diperlukan.

Dalam kondisi tersebut, maka beberapa hal akan menjadi sulit; seperti seberapa banyak suplemen yang digunakan, apakah diminum atau dioleskan, lalu berapa lama terapi yang diperlukan sampai dihentikan, apakah penggunaannya seumur hidup, apakah menimbulkan ketergantungan semu? Karena tidak memiliki dasar penelitian ilmiah, maka jawabannya yang muncul biasanya berdasarkan pengalaman saja, dan tentunya pengalaman setiap orang akan berbeda-beda, jadi jangan heran jika Anda juga akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda.

Testimoni mengatakan produk ini aman (bahkan natural atau luar biasa aman). Namun Anda perlu mengingat bahwa perak memiliki sifat yang mengendap menjadi deposit (menumpuk) di dalam organ-organ penting tubuh kita. Kita tidak tahu apakah pengendapan ini akan menyerang balik atau tidak, yang jelas biasanya pengendapan ini akan bersifat permanen dan tidak bisa hilang. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi atau menggunakan produk garam/ion perak, maka deposit yang banyak pada kulit akan membuatnya berwarna kebiruan. Kulit Anda bisa tampak seperti tokoh komikal The Incredibel Hulk, hanya saja bukan Hulk yang berwarna hijau, tapi biru keperakan, dan ini bersifat permanen yang dikenal sebagai Argyria.

Penggunaan suplemen perak pada kehamilan juga sangat tidak disarankan, karena peningkatan deposit perak pada kehamilan dihubungkan dengan pertumbuhan janin yang cacat, biasanya mengalami cacat telinga, wajah atau leher. Suplemen perak juga menghambat sejumlah obat-obat medis jika dikonsumsi bersamaan; sehingga jika Anda sedang mengkonsumsi suplemen perak, mohon sampaikan pada dokter Anda, sehingga obat yang diberikan tidak saling berbenturan.

Jika Anda mempertimbangkan atau memutuskan menggunakan suplemen air perak, maka tidak akan ada yang melarang; namun pertimbangkan kembali manfaat dan risikonya. Berkonsultasi dengan pakar kesehatan, karena dalam terapi kedokteran, Anda mungkin menemukan sejumlah alternatif medis yang lebih terbukti efektif dan aman dibandingkan menggunakan air perak. Tapi jika Anda bertanya tentang terapi air perak, dokter mungkin tidak akan bisa memberikan jawaban pada Anda. Sekali lagi, semua itu kembali pada Anda sendiri.

Iklan

2 thoughts on “Tentang Suplemen Air Perak

  1. kalo perhiasan perak yang menumpuk bagaimana? LoL. Animo masyarakat tentang kesehatan meningkat pesat belakangan ini, tapi masih perlu orang-orang seperti anda untuk mengarahkannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s