Alternatif Calibri dan Cambria pada openSUSE

Sejak muncul Windows Vista, fonta Calibri dan Cambria menjadi cukup populer bagi banyak orang; sayangnya karena pembatasan lisensi, fonta ini tidak diizinkan untuk disalin dan digunakan di perangkat lain yang tidak berbasis Windows. Pengguna Linux tidak diizinkan menyalin fonta ini ke sistem operasi yang mereka gunakan; saya sendiri memang tidak pernah mencoba tapi sepertinya hasilnya tidak akan sebaik tampilan pada Windows.

Sebagai alternatif, pengguna Linux seperti saya bisa menggunakan fonta yang memiliki kompatibilitas metrik dengan dua fonta tersebut. Dan kita memilikinya untuk bisa dipasang pada Linux.

Carlito adalah fonta dengan kompatibilitas metrik terhadap Calibri, sedangkan Caladea adalah fonta yang memiliki kompatibilitas metrik dengan Cambria. Jadi Anda bisa memasang dua fonta ini – tidak peduli bagaimana caranya – dan memiliki tampilan fonta yang mirip dengan Calibri dan Cambria.

Carlito - Caladea
Tampilan fonta Carlito dan Caladea dengan pelbagai versi (standar, tebal, miring, dan tebal-miring). Sumber: halaman Google+ milik François Beaufort.

Lalu apa fungsinya? Tentu saja menampilkan berkas semirip mungkin dengan ketika dia dibuat dengan menggunakan Microsoft Office misalnya.

Pengguna openSUSE bisa mendapatkan fonta ini melalui Repositori M17N (yang khusus menyediakan pelbagai jenis fonta). Tinggal menambahkan repostori, lalu memasang fonta Carlito & Caladea melalui software manager, apper, atau zypper.

Setelah proses instalasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan fonta ini sesuai keinginan. Sebagai tambahan Anda juga bisa melakukan setelan sehingga setiap kali fonta Calibri dipanggil, akan digantikan secara otomatis oleh Carlito.

Anda bisa menggunakan Carlito untuk menggantikan Calibri melalui fontconfig, seperti yang dicontohkan berikut:

<?xml version="1.0"?>
<!DOCTYPE fontconfig SYSTEM "fonts.dtd">
<fontconfig>
<!--
  Metric compatible font replacement for Calibri.
  -->

  <match target="pattern">
    <test qual="any" name="family">
      <string>Calibri</string>
    </test>
    <edit name="family" mode="assign" binding="same">
      <string>Carlito</string>
    </edit>
  </match>

</fontconfig>

Sumber: https://gist.github.com/qqroach/6922380

Panduan untuk konfigurasi fonta pada openSUSE bisa ditemukan pada dokumentasi: Installing and Configuring Fonts for the Graphical User Interface.

Nah, setelah itu, sisanya tergantung pada kreativitas Anda sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s