Seberapa Menarik BlackBerry Z3 Jakarta Edition

Sudah beberapa bulan kabar BlackBerry Z3 Jakarta Edition beredar di dunia maya, dan bulan ini sudah masuk ke Indonesia. Beberapa hal tentang ponsel BlackBerry ini cukup menarik bagi saya untuk dilihat. Walaupun pihak BlackBerry pernah berkata tidak akan memproduksi ponsel cerdas murah, tapi melihat kisaran harga yang ditawarkan pada BlackBerry Z3 – tentu saja ini bisa dikatakan ponsel cerdas kelas bawah dan murah. Bandingkan saja dengan harga ponsel BlackBerry ketika era kejayaannya, tidak pernah ditawarkan semurah itu.

Bisa kita bayangkan, kini BlackBerry bersain di pasar ponsel cerdas murah dengan kisaran harga dua jutaan rupiah. Beberapa ponsel Android kelas menengah dan bawah juga ada pada kisaran harga tersebut, dan dengan sebuah merek tersendiri, BlackBerry sudah masuk ke dalamnya.

Dari segi fungsi sebagai sebuah telepon genggam, untuk menelepon dan menerima pesan sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya BlackBerry namun semua ponsel mampu melakukannya dengan cukup baik saat ini. Tapi BlackBerry Z3 berani menawarkan waktu bicara sekitar 15,5 jam; ini bukan sesuatu yang main-main. Saya tidak tahu, apakah ini benar-benar bisa diwujudkan, ponsel cerdas lainnya mungkin hanya bertahan dalam hitungan jam saja, tidak sampai belasan. Bagi yang suka mengobrol lama di telepon dan memerlukan sebuah smartphone, ini akan jadi pertimbangan sendiri. Kalau saya sendiri akan melihat, jika bisa memberikan waktu bicara lama, berarti daya tahan baterainya cukup baik.

Layar 5″ saya rasa sudah standar saat ini, dengan nilai jual seperti itu, kualitas layar mungkin akan biasa saja walau sudah dikatakan full HD. Bagi yang terbiasa melihat layar kualitas full HD, maka tidak akan banyak merasakan perbedaannya. Kamera yang dibawa juga cukup standar 5MP, fitur time-shift juga ada di sejumlah ponsel cerdas lainnya. Media penyimpanan internal 8GB, tidak begitu besar menurut saya, asalkan dikelola dengan baik akan sangat mencukupi dengan tambahan kartu memori luar.

Kemampuannya menjalankan aplikasi Android dari toko aplikasi pihak ketiga juga patut dipertimbangkan. Karena Android memenangkan pasar dengan banyak aplikasi di dalamnya, maka kemungkinan jika BlackBerry juga menawarkan hal yang serupa, peminat bisa beralih ke sini. Tapi pertimbangkan juga, bahwa aplikasi mungkin tidak semua bisa berjalan baik pada lingkungan yang bukan asalinya.

Lalu apa lagi yang menarik? Ah ya, tentu saja yang fenomenal BlackBerry Messenger atau BBM, karena ini adalah senjata andalan BlackBerry. Untuk edisi Jakarta, BBM memuat stiker khusus menurut BlackBerry. Saya sendiri bukan peminat stiker, tapi apa boleh buat jika dikirim stiker, paling hanya mengurangi kuota Internet.

Jika Anda tidak terlalu berminat dengan BlackBerry Z3 yang termasuk kelas bawah, Anda masih bisa membeli BlackBerry Z30 yang merupakan kelas atasnya, tentu saja harga sesuai dengan kualitas.

BLACKBERRY Z30 - Black (Garansi Resmi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s