Avast! Pembaruan Piranti

Avast! Software Update adalah salah satu fitur dari produk avast! antivirus mulai dari edisi gratis hingga yang berbayar. Bedanya, yang gratis hanya mengingatkan dan kita yang memperbarui secara manual, sedangkan pada versi yang berbayar kemampuan ini tersedia secara otomatis. Tapi di sini, hal tersebut bukanlah yang paling penting – ada banyak fitur seperti ini di aplikasi lainnya. Yang menjadi perhatian di sini adalah setiap perangkat lunak memerlukan pembaruan secara berkala untuk mengatasi gangguan dan kerentanan.

Perangkat lunak yang sudah stabil bisa jadi memiliki kerentanan sehingga dapat diserang oleh peranti lunak jahat/mata-mata, seperti virus komputer. Hanya saja banyak di antara pengguna komputer di negeri kita yang tidak melakukan ini, bahkan mungkin mematikan fitur pembaruan perangkat lunak yang mereka miliki.

Jadi fitur ini akan menjadi bermanfaat bagi mereka yang belum memiliki kebiasaan untuk memperbarui perangkat lunak yang ada di komputer mereka secara berkala, tentu saja dalam hal ini kita berbicara tentang pengguna Microsoft Windows.

avast! software update
Tampilan avast! software update pada Windows 8. Avast akan mengingatkan jika ada perangkat lunak (software) yang belum diperbarui.

Fitur pada produk avast! antivirus ini akan mengingatkan pengguna melalui jendela munculan (pop-up window) yang menerangkan bahwa ada perangkat lunak yang kedaluwarsa (walau mungkin kurang tepat demikian); lalu pada jendela aplikasi kita akan diberikan pilihan untuk memperbarui. Tinggal klik saja, dan avast! akan melakukan semua tindakan selanjutnya hingga aplikasi tersebut diperbarui – tentu saja jangan lupa jaringan Internet.

Hal-hal sederhana seperti ini bisa membantu kita mengurangi risiko infeksi virus komputer ke dalam sistem operasi yang kita gunakan. Terlihat memang tidak begitu penting, tapi mencegah tentu lebih baik daripada menunggu hingga seluruh data hilang atau rusak karena malware.

Iklan

2 thoughts on “Avast! Pembaruan Piranti

  1. saya sekarang pun pakai avast, tapi fitur pelengkapnya (termasuk pembaharuan piranti) tidak saya install. karena yang saya butuhkan memang cuma antivirusnya saja 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s