Mendesain Kartu Nama Lagi

Berhubung kartu nama yang lama sudah mulai habis, saya bermaksud mencetak kartu nama (business card) yang baru. Hanya saja desain yang dulu pernah saya buat tidak bisa saya temukan berkas SVG-nya. Nanti jika ketemu, mungkin akan saya gunakan itu saja, karena dulu lelah sekali membuatnya.

Kali ini sementara saya membuat secara singkat saja, karena keterbatasan waktu. Sehingga saya tidak menambahkan gambar latar ke dalamnya, hanya menggunakan penapis alfa saja.

Senjata yang digunakan masih sama saja, seperti:

  • Linux OS (openSUSE)
  • Aplikasi penyunting berkas vektor (Inkscape)
  • Bahan dasar/template kartu nama (dari Git/openSUSE’s Artwork)
  • Koleksi fonta alternatif
  • QR Code Generator

Setelah beberapa puluh menit mengutak-atik, akhirnya saya mendapatkan bahan mentahnya kembali. Kali ini tidak lupa saya simpan ke dalam kandar awan sehingga nanti tidak hilang lagi walau komputer rusak.

Kartu Nama
Tampilan kartu nama yang didesain secara kilat menggunakan Linux. Masih kasar, dan masih perlu disunting kembali.

Saya hanya menambahkan QR Code ke dalamnya. Karena saat ini sudah mulai menjadi kelayakan menggunakan kode baris dua dimensi sebagai fitur dalam sebuah kartu nama. Daripada memasukkan data satu per satu ke dalam ponsel cerdas (smartphone), maka lebih cepat melakukan pemindaian QR Code dan mendapatkan data varian panggilan atau VCF dan menyimpannya ke dalam daftar kontak telepon.

QR Code Generator ada banyak, salah satu yang baik menurut saya adalah The QR Code Generator, karena layanan ini menyediakan berkas SVG dan bisa diakses tanpa adanya iklan secara gratis saat QR code dibaca melalui ponsel. Sedangkan yang saya gunakan di atas adalah QR Code yang dihasilkan dari Visualead, layanan ini menghasilkan QR code dengan tampilan latar yang bisa kita pilih sendiri, hanya saja layanan ini tidak menyediakan unduhan SVG (namun berkas PNG yang dihasilkan dapat dikecilkan) serta terdapat iklan pendek produk ini ketika mengaksesnya, terbatas hanya membuat 3 kode saja.

Mendesain kartu nama bisa membuat ketagihan, sehingga saya harus menghentikannya di tengah jalan sehingga tidak menghabiskan banyak waktu. Kapan-kapan bisa dilanjutkan lagi, terutama jika saya bisa menemukan desain yang terdahulu. Hanya permasalahannya nanti adalah ketika datang ke percetakan, mereka tidak tahu bagaimana  menggunakan Inkscape, bahkan tidak memiliki Linux untuk mendukung fonta alternatif, ya paling harus disunting ulang.

Dengan menambahkan latar, seperti latar yang lama, saya mendapatkan desain yang mungkin akan saya gunakan ke depannya.

Kartu nama jadi
Dengan menggunakan latar dari gambar yang lawas, saya membuat beberapa perubahan. Yang satu ini cukup baik menurut saya untuk bisa dicetak, dengan sedikit sentuhan akhir nantinya.

Setelah dicetak, rupanya menjadi seperti ini:

Kartu Nama
Kartu nama yang sudah selesai dicetak.

Jadi memang sangat berbeda dengan desain awal dan akhir, namun saya rasa saya bisa berkompromi dengan desain cetak yang dihasilkan seperti dan sudah memenuhi fungsinya.

Iklan

2 tanggapan untuk “Mendesain Kartu Nama Lagi

  1. Saya mau desain seperti ini tapi di area sini masih belum ada suplier yang bisa, mas. Apakah di area Jogja ada suplier yang pernah buat seperti itu?

    Suka

    1. Jogja mungkin ada Mas, cuma saya tidak tahu. Pakai jasa kartunama.net saja jika memang mau di luar kota. Nanti minta didesain seperti itu, mereka enak kok konsultasi via emailnya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s