Paten Tesla Motors Dibuka

Tweet yang paling menggemparkan pekan ini mungkin adalah tweet dari @elonmusk, jika Anda tidak kenal dia, bisa dikatakan mungkin dia adalah Tony Stark tanpa Iron Man atau Bruce Wine tanpa Batman. Elon Musk mentweet sebuah tautan menuju blog resmi Tesla Motors yang menyatakan bahwa paten kendaraan canggih mereka kita terbuka bagi publik yang memiliki niat baik untuk menggunakannya. Anda bisa katakan patennya beralih menjadi open source.

Tesla Motors menjadi kiblat bagi dunia mobil elektrik (bertenaga listrik) untuk menciptakan suatu mobil yang modern, inovatif, ramah lingkungan, dan hemat pemeliharaan, tentu saja tidak ketinggalan mobil yang bersifat sporty. Kita di Indonesia pernah melihat upaya serupa dalam mobil Tuxuci terlepas dari pro dan kontranya.

Tesla Model S
Tesla Model S, salah satu mobil listrik Tesla Motors tipe sedan yang paling digemari. Sumber: rsvlts.com

Kini paten-paten ini kendaraan ini dilepas pada publik, sehingga publik bisa menggunakannya untuk mengembangkan teknologi ini, terutama dalam memerangi emisi karbon yang semakin mengancam pemanasan global.

Lalu apa maknanya ini bagi kita di Indonesia?

Bisa tidak Anda membayangkan, jika pemerintah kita atau pihak swasta mau bekerja sama, kita bisa menghasilkan mobil listrik yang canggih di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar mobil dalam negeri. Yang sempat terbengkalai seperti mobil SMK bisa dihidupkan lagi dengan menggunakan lisensi yang sudah dibuka ini.

Pengalaman saya bersama sistem operasi open source tidaklah sulit mengadopsinya, bahkan bisa melepaskan ketergantungan pada perangkat berpaten resmi seperti Windows. Lihatnya negeri Cina, kini mereka melarang penggunaan Windows 8 di kantor pemerintah mereka, dan menggunakan sistem operasi sendiri yang berasal dari dunia open source, mereka meningkatkan kemandirian mereka. Ini juga bermakna bahwa dunia industri otomatif di Cina yang terkenal suka meniru model, akan segera memanfaatkan situasi ini.

Jika kita tidak segera melihat peluang ini, maka bisa-bisa kita hanya akan menjadi korban pasar saja, menjadi sebatas pengguna saja.  Kita tidak bisa produksi, hanya akan pihak yang konsumtif tapi tidak mampu produktif dan inovatif.

Nah, terakhir, yang menjadikan saya penasaran adalah bagaimana kira-kira respons produsen mobil lainnya? Terutama yang menggunakan bahan bakar karbon? Mereka ada sisi yang berlainan dari kendaraan listrik. Saya tidak tahu, apakah sikap mereka nantinya; karena sampai saat ini dapat dilihat, prinsip open source sangat sulit dibendung, dunia menghendaki agar pengetahuan menjadi milik semua orang, dan setiap orang dapat menggunakannya untuk mengembangkan maupun menerapkan pengetahuan tersebut bagi kehidupan.

//platform.twitter.com/widgets.js

Iklan

Satu tanggapan untuk “Paten Tesla Motors Dibuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s