Menyelamatkan Ponsel Android yang Disandera Ransomware

Ransomware bisa dikatakan salah satu jenis malware (perangkat lunak jahat) yang ada pada komputer yang melakukan infeksi dengan menyandera komputer, sedemikian hingga si pengguna komputer tidak dapat menggunakan komputernya kecuali tanda tulisan peringatan penyanderaan tersebut. Biasanya ransomware akan meminta pemilik komputer untuk menebus dengan sejumlah uang agar komputernya bisa dibebaskan dari penyanderaan tersebut.

Sekarang, ponsel Android marak menjadi target ransomware, apalagi bagi para pengguna awam yang suka memasang aplikasi secara “liar” terutama aplikasi yang dibajak. Trik yang psikologis yang sama juga masih menghantui pengguna komputer berbasis Windows sampai saat.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan ketika menggunakan ponsel Android. Pertama melakukan pencegahan dengan memasang aplikasi antimalware pada ponsel Android. Saya sendiri menggunakan avast! mobile security yang versi gratis. Ini akan menbantu mencegah infeksi ransomware ke dalam ponsel Android.

Tapi bagaimana jika sudah terinfeksi ransomware?

Maka ransomware bisa dihilangkan dengan aplikasi yang memang ditujukan untuk itu. Misalnya menggunakan avast! Ransomware Removal. Aplikasi ini akan membantu Anda menyingkirkan ransomware yang sudah terpasang dan sedang menyandera ponsel Android Anda.

avast! Ransomware Removal
avast! Ransomware Removal, langkah awal menghapus ransomware dari ponsel Android kita.

Lalu bagaimana memasang aplikasi ini ketika bahkan Play Store saja tidak bisa diakses dari ponsel Android?

  1. Pertama, akses Play Store lewat komputer Anda (silakan pakai komputer pribadi atau laptop). Masuk (login) ke dalam Play Store menggunakan akun Google yang sama yang digunakan pada ponsel Android jika belum otomatis masuk.
  2. Temukan aplikasi avast! Ransomware Removal pada Play Store, atau bisa melalui tautan di atas. Lalu klik pasang (install). Aplikasi akan terpasang secara otomatis pada ponsel Android (jangan lupa hubungkan dengan Internet). Aplikasi ini gratis.
  3. Setelah pemasangan selesai, buka aplikasi melalui pita pemberitahuan (notification bar) pada ponsel.
  4. Aplikasi akan memandu Anda untuk langkah-langkah selanjutnya.
  5. Setelah selesai dan ponsel Android kembali normal, hapus aplikasi avast! Ransomware Removal.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus dihapus? Ya sehingga jika terjadi penyanderaan lagi, Anda bisa memasangnya ulang. Jangan sampai ponsel disandera tapi yang berfungsi membebaskan sandera ikut tersandera. Dan bagi yang ponsel Android-nya sedang tidak tersandera, maka tidak disarankan memasangkan memasang aplikasi ini karena tidak akan bermanfaat.

Jika tidak ingin hal yang sama terulang, saya sarankan memasang aplikasi antimalware untuk Android seperti avast! Mobile Security.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s