XFCE untuk Saat Ini

Kemarin saya meningkatkan komputer kantor dari Linux Mint 16 Petra ke Mint 17 Qiana, mumpung jaringan Internet sudah diperbaiki jalurnya. Memang kesannya sederhana, setelah beberapa perintah sederhana dari terminal dan mengganti target repo yang dituju, maka proses peningkatan berlangsung otomatis; tapi jeleknya, setelah selesai, malah tidak bisa masuk ke dalam desktop.

Inilah salah satu alasan kenapa saya lebih menyukai RPM yang cuma tinggal lirik dan senyum saja saat melakukan pembaruan dibandingkan DEB.

Setelah mengutak-atik layar tanpa DE selama bermenit-menit dan memilah-milah paket, akhirnya putar halauan menuju desktop XFCE. Biasanya saya sudah hapus semua partisi kalau ada masalah seperti ini, tapi berhubung komputer kantor, maka data-data wajib dipertahankan agar tidak sampai hilang.

Hal yang menyenangkan dari Linux adalah, selama ada koneksi internet via LAN/WLAN, hampir semua jenis kerusakan karena salah pemasangan paket masih bisa dipulihkan, walau tidak bisa masuk ke dalam jendela sistem operasi.

Terminal Xfce
XFCE Mint 17 Qiana

Setelah Xfce bisa dijalankan, kesan saya tidaklah terlalu buruk (dari sisi yang terbiasa menggunakan KDE yang dipoles). Untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran, dan sisi baik dari Xfce karena cukup ringan digunakan pada mesin tua.

Jadi, sampai ada mesin baru, untuk saat ini, mesin tua ini akan menggunakan Xfce, dan sepertinya cukup stabil karena dukungan jangka panjang dari Ubuntu.

Iklan

5 thoughts on “XFCE untuk Saat Ini

      1. ini donlot isoLinuxmint versi XFCE apa cm donlot XFCE saja? … kl versi Linuxmint kan “tradisi”nya sama, sama “experience”nya walau beda DE. selalu di bawah, ada menu (KDE,MintMenu,cinnamon,whiskersMenu,LXDE,dll)

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s