The Irregular at Magic High School

Salah satu serial anime yang selesai saya tonton minggu lalu adalah Mahouka Koukou no Rettousei, yang merupakan adaptasi dari novel pendek karya Satou Tsutomu. Berkisah tentang kakak beradik yang memiliki latar cukup pelik memasuki sekolah sihir, dan hingga sejumlah 26 episode musim pertama belum terungkapkan semua.

Tentu saja sekolah sihir di sini tidak seperti Hogwarts yang lekat dengan karakter populer Harry Potter, melainkan sekolah sihir yang memang tampak seperti sekolah (atau kampus) biasanya dengan banyak teknologi modern di dalamnya. Sehingga kita sedang diajak untuk melihat kemungkinan sihir modern ke dalam daya khayal kita.

Mahouka Koukou no Rettousei

Saya menyukai serial ini karena selain memang spesial efek dan imajinasi yang nikmat dipandang, intrik di dalam ceritanya juga menarik. Perubahan arah kekuasaan, pemberontakan, human experimental, militer dan agen-agen rahasia, yang semua masuk ke dalam sebuah lingkungan sekolah nan hangat, jangan lupa juga tentang rasisme yang menjadi latar kuat di serial ini, bagaimana orang masih senang merasa lebih baik guna menutupi kekurangannya sendiri.

Cerita tidak seperti generasi serial anime pada masa-masa sebelumnya, di mana membunuh karakter adalah sesuatu yang haram terkecuali terpaksa. Namun karena latar cerita ini adalah masa-masa perang, walau kebanyakan waktunya tampak damai, maka adegan pembunuhan cukup banyak muncul walau dengan sejumlah sensor tentunya. Ini mungkin membuat serial ini malah justru tidak cocok ditonton oleh anak-anak, atau remaja yang masih labil emosinya.

Karena tidak terlalu berat, jalan ceritanya sendiri enak dilahap dan tidak perlu berpikir keras untuk mencernanya. Saya rasa secara keseluruhan, serial ini sangat menarik disimak.

Berbeda memang dengan novel pendeknya yang lebih rinci dalam menjelaskan detil peristiwa dan latar, hanya saja untuk mencerna novel pendeknya – saya memerlukan lebih banyak upaya; mungkin karena banyak istilah yang kurang tepat saat dialihbahasakan.

Iklan

2 thoughts on “The Irregular at Magic High School

    1. Wah, itu terakhir berakhir di Gundam Wings Mas ????.

      Yang ini lumayan bagus, tapi penuangan ke anime sepertinya masih setengah hati. Atau saya mungkin yang keliru.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s