LXLE Desktop – PC Lama Hidup Kembali

Beberapa hari belakangan saya sibuk berburu sistem operasi berbasis Linux yang mampu berjalan pada mesin tua dengan kapasitas RAM di bawah 512 MB. Banyak distro yang sebenarnya asyik dulu, kini sudah tidak ada lagi. Dan banyak distro baru yang kemampuannya belum sempat saya coba oleh karena sudah lama tidak berganti-ganti distribusi lagi.

Istri saya memiliki komputer tua yang berusia sekitar 9-10 tahun, yang mungkin tidak banyak orang mau menggunakannya lagi. Ketika diminta mencarikan pembeli, saya rasa tidak ada juga yang mau membelinya. Maka saya pindahkan komputer tersebut  ke kantor, pada awalnya masih berjalan dengan sistem operasi Windows XP SP2 yang tersendat-sendat, maklum, Windows XP sendiri sebenarnya sudah meminta memori sekitar 512 MB – 1 GB RAM, sehingga bisa berjalan optimal.

Komputer ini sendiri berjalan dengan Prosesor Intel Pentium IV 2,4 GHz, tentunya masih single core, dan dua keping RAM DDR sebesar 128 MB dan 256 MB, dan cakram keras sebesar 40 GB. Untuk komputer tempo satu dasawarsa yang lalu, ini adalah sebuah mesin yang canggih guna mengerjakan tugas perkantoran dan sekolah. Tapi sekarang mungkin akan pada enggan untuk menggunakannya. Bahkan gawai saja sekarang sudah jauh lebih baik lagi spesifikasinya.

Saya mencoba sejumlah distribusi, seperti Linux Lite, namun tidak membuahkan hasil. Lalu saya ingat yang disampaikan oleh Mas Rangga, bahwa ada distribusi LXLE yang berbasis Ubuntu dan LXDE.

Maka saya pun mengunduhnya, memasukkan berkas instalasi ke dalam USB dengan Lili Loader, dan memasangnya di komputer. Memang agak was-was, tetapi ternyata bisa berjalan dengan lancar.

LXLE
Tampilan LXLE di PC Tua, ikonnya memang agak kurang menyenangkan bagi saya. Tapi sisanya tidak masalah, ikon pun bisa diganti.

Berikut hasil analisis sistem yang dikeluarkan oleh LXLE:

-Computer-
Processor                       : Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 2.40GHz
Memory                          : 378MB (266MB used)
Operating System        : Ubuntu 12.04.4 LTS
User Name                    : cahya (Cahya Legawa)
Date/Time                     : Fri 10 Oct 2014 08:52:20 AM WIB
-Display-
Resolution                     : 1366×768 pixels
OpenGL Renderer       : Unknown
X11 Vendor                    : The X.Org Foundation
-Multimedia-
Audio Adapter              : ICH4 – Intel ICH5
Audio Adapter              : MPU-401 UART – MPU-401 UART
-Input Devices-
Power Button
Power Button
USB USB Keykoard
USB USB Keykoard
ImPS/2 Generic Wheel Mouse
-Printers-
No printers found
-SCSI Disks-
ATA ST340014A
ASUS DVD-E616P2

Secara keseluruhan, hasil ini baik untuk komputer lama. Saya memang tidak menuntut banyak, asalkan bisa saya gunakan untuk menyelesaikan tugas kantor, maka akan cukup baik bagi saya. Mungkin juga belum waktunya komputer tua ini masuk ke dalam wilayah penjualan untuk jadi korban kanibal bagi komputer lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s