Membuat Kebijakan Privasi untuk Blog

Pemilik blog atau website yang bersifat pribadi mungkin tidak akan ambil pusing dengan yang namanya “Kebijakan Privasi” atau privacy policy dalam istilah bahasa aslinya. Tapi bagi mereka yang membangun blog profesional, atau website untuk perusahaan pun organisasi, maka yang namanya kebijakan privasi adalah sesuatu yang tidak ditawar dalam masa kekinian; di mana privasi sering kali menjadi isu yang sensitif.

Ketika saya membangun sebuah website profesional belakangan ini, saya kembali mempertimbangkan pentingnya ada halaman tersendiri yang menjelaskan tentang kebijakan privasi. Dan ada sejumlah hal yang saya pertimbangkan dalam membuat sebuah kebijakan privasi blog; yang tentunya saya tidak ingin membuatnya rumit seperti milik sebuah jejaring sosial raksasa (contoh: facebook dan twitter).

Prinsipnya sederhana, tulis dalam bahasa kita sehingga mudah dipahami pembaca yang hendak mengetahui kebijakan privasi di situs kita. Buat sesingkat mungkin, karena orang tidak punya waktu lama untuk membaca kebijakan privasi kita, tapi jangan sampai memangkas unsur esensial karena kita terlalu singkat. Lalu jangan ada yang disembunyikan, buatlah agar terbaca dengan jelas. Dan tentu saja menyampaikan bagaimana kita melindungi privasi pengguna situs, seperti tentang pengumpulan data identitas, tentang penggunaan pengumpulan data, tentang meramban secara anonim, dan sebagainya.

Privacy Policy.
Setiap situs wajib memiliki kebijakan privasi sebagai pernyataan perlindungan wilayah privasi pengguna situs tersebut. Sumber: golftour365.com

Pertimbangan-pertimbangan lengkap bisa dilihat di halaman WikiHow tentang membuat kebijakan privasi, atau Anda bisa membuat dari cetakan yang disediakan oleh situs-situs gratisan seperti Generate Privacy Policy.

Manapun yang Anda pilih terlebih dahulu, saya sarankan tetap diracik secara mandiri kemudian. Karena hanya pemilik situs yang tahu apa dan bagaimana sistem utama dan pihak ketiga berjalan di situs yang dia kelola. Jika Anda sebagai pemilik situs tidak tahu bagaimana situs mengelola privasi penggunanya, berarti privasi Anda sendiri bisa terancam untuk diintip oleh siapapun.

Saat ini mungkin kebijakan privasi masih dipandang sebelah mata oleh narablog di negeri kita, namun setidaknya saya melihat ada juga yang sudah mulai menerapkannya. Dan memang belum sebuah pemilik blog paham benar hakekat adanya penjelasan tentang kebijakan privasi di blog yang mereka miliki.  Kebijakan privasi adalah hak dari mereka yang mengakses sebuah konten publik dan memanfaatkan fitur situs yang disediakan oleh pemilik situs, sehingga sudah sepantasnya pemilik situs memberikan hak para pengunjung situs atau blog mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s