Permenkes nomor 56 tahun 2014 tentang Perizinan Rumah Sakit

Saat saya mengikuti pertemuan kecil di dinas kesehatan kabupaten pada pagi hari yang lalu, saya cukup kaget ketika disampaikan bahwa saat ini ada regulasi baru yang mengatur tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Yaitu Peraturan Menteri Kesehatan no. 56 tahun 2014 tentang Klasifikasi & Perizinan Rumah Sakit. Padahal hingga bulan lalu saya cek, peraturan ini belum ada.

Ini bermakna, bahwa kami yang selama ini berpatokan pada aturan lama yaitu Permenkes no. 340 tahun 2014 tentang Perizinan Rumah Sakit (jika saya tidak salah ingat), harus menelaah kembali apa-apa yang harus dibenahi.

Saya belum membaca semua, namun sekilas ada yang menarik tentang aturan baru ini. Misalnya saja pada klasifikasi rumah sakit, kini menambahkan adanya rumah sakit bergerak dan rumah sakit lapangan.

Mobile Hospital
Contoh unit ruang operasi bergerak pada rumah sakit bergerak. Peraturan yang baru memungkinkan legalitas rumah sakit seperti ini beroperasi di Indonesia. Sumber: amohs.com.

Saya membayangkan jika ada lebih banyak rumah sakit bergerak di Indonesia, baik di gerbong kereta api, lewat kontainer, lewat kapal laut, atau pesawat udara. Tempat-tempat yang dulu tidak memiliki fasilitas rumah sakit, mungkin bisa dijangkau secara bergilir.

Rumah sakit bergerak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berbentuk bus, kapal laut, karavan, gerbong kereta api, atau kontainer.
~ Pasal 9 ayat (2)

Selagi rumah sakit dituntut juga melaksanakan akreditasi rumah sakit, setidaknya versi 2012 dari KARS, maka aturan baru ini akan menjadi landasan yang sama kuatnya. Terutama bagi rumah sakit yang baru berdiri.

Peraturan baru ini bisa diunduh di situs resmi hukum dan koordinasi departemen kesehatan RI, atau via cermin yang saya sediakan di Docstoc.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.