Dropbox saya memiliki sejumlah kelemahan, terutama di bagian map/folder yang dibagi bersama. Yaitu, map bersama pada versi gratis tidak bisa dibuat menjadi hanya untuk dilihat. Sehingga saya perlu membuat pencadangan lainnya. Saya ingat saya masih memiliki akun SpiderOak yang tidak terpakai, jadi saya memasang kembali SpiderOak pada Antergos sebagai alternatif untuk Dropbox.

SpiderOak
Fitur Hive dan antarmuka SpiderOak pada Desktop Gnome 3.14 – Antergos 64-bit.

Untuk memasang Antergos, saya memilih instalasi yang stabil; versi beta memang memiliki sejumlah fitur, hanya saja bukan yang saya perlukan untuk saat ini.


[cahya@mininaomi ~]$ yaourt spideroak
1 aur/spideroak 5.1.8-1 [installed] (247)
Secure file backup, sync and sharing client
2 aur/spideroak-beta 5.1.8-1 (17)
Secure file backup, sync and sharing client (Beta version)
==> Enter n° of packages to be installed (ex: 1 2 3 or 1-3)
==> -------------------------------------------------------
==>

Dan saya ternyata lupa sandi yang digunakan, padahal SpiderOak tidak bisa memulihkan sandi yang sudah dibuat. Untungnya saya meletakkan petunjuk sandi yang bisa saya pahami, rupanya itu metode enskripsi kuno yang saya pakai dulu. Setelah sandi saya ingat kembali, maka SpiderOak bisa berjalan dengan baik seperti gambar di atas.

Pekerjaan sekarang bisa dilanjutkan kembali. Bagi yang ingin memasang SpiderOak, silakan gunakan tautan referral dari saya. Mungkin bisa mendapatkan bonus berupa ruang penyimpanan?