Memasang Conky Manager pada openSUSE

Mari kita buat ini menjadi singkat; Conky Manager adalah salah satu aplikasi populer di kalangan pengguna Linux yang gemar mengolah apa yang disebut “desktop art” dengan menambahkan conky ke dalam desktop sehingga tampak menjadi cantik. Hanya saja, conky asalinya seperti sebuah bijih besi, jika tidak diolah dengan baik, maka tidak akan menampilkan keindahan yang diharapkan. Oleh karena itu aplikasi Conky Manajer hadir untuk mempermudah kita mengolah conky.

Permasalahannya adalah, di halaman resmi Conky Manager, di sana hanya ada berkas DEB, tidak ada berkas RPM bagi pengguna openSUSE atau Fedora. Tentu saja pengguna berpengalaman tidak akan menemukan kesulitan menjadikan berkas DEB ke dalam bentuk RPM. Tapi mungkin itu jalan panjang bagi saya.

Conky Manager
Tampilan Conky Manager. Sumber: teejeetech.in

Untuk mengatasi hal ini, komunitas openSUSE (kebetulan) memiliki kontributor yang sudah menyediakan conky manajer melalui repositori OBS.

Silakan mengakses via: Install package home:DarkSS / conky-manager.

Di sana sudah disediakan paket 1-click-install untuk memasang Conky Manager. Anda bisa menggunakan fitur tersebut atau menambahkan repostori dan memasang secara manual dengan perintah yang sesuai, misalnya saya pengguna edisi Tumbleweed akan menambahkan repositori dengan perintah:

zypper addrepo http://download.opensuse.org/repositories/home:DarkSS/openSUSE_Tumbleweed/home:DarkSS.repo

Lalu menyegarkan repostori dengan perintah:

zypper refresh

Terakhir memasang aplikasi dengan perintah:

zypper in conky-manager

Jika mengalami kesulitan memasang berkas aplikasi Conky Manager yang cukup besar, bisa memasang dependensinya terlebih dahulu, dengan perintah:

zypper in conky hddtemp libgee2 sensors

Baru kemudian memasang Conky Manager, baik dengan perintah terminal seperti di atas, maupun mengunduh dulu paket binari RPM yang sesuai dengan sistem Anda, lalu memasangnya dengan menggunakan manajer paket milik openSUSE secara luring.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

Iklan

6 tanggapan untuk “Memasang Conky Manager pada openSUSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s