Memasang Peramban Opera 26 pada openSUSE

Belum beberapa lama sejak Opera Stabil versi 26 untuk Linux telah dirilis, hanya saja berka rilis resmi yang tersedia adalah versi berkas paket DEB; sedangkan basis RPM tidak tersedia, sehingga menimbulkan “kesulitan tambahan” bagi pengguna distribusi yang memanfaatkan basis RPM seperti openSUSE, Fedora, Mageia dan lainnya. Sebenarnya cukup mengubah dari berkas paket DEB ke RPM kemudian memasangnya, maka bisa diselesaikan.

Saya akan mengutip sedikit panduan bagi pemula, karena saya sendiri seorang pemula, untuk memasang peramban Opera yang sudah menggunakan mesin webkit ini.

Pertama-tama, ada dua panduan yang mesti dibaca:

  1. Forum openSUSE: https://forums.opensuse.org/showthread.php/503405-Opera-26
  2. Blog Ruario: http://ruario.ghost.io/2014/12/20/my-christmas-present-to-opera-fans-on-rpm-distros/

Pemula juga mungkin ingin memasang repositori tambahan XRevan86 bagi openSUSE, yang sebenarnya sudah memuat pemasangan perangkat lunak non-free seperti Opera dan Skype. Hanya saja, pemasangan Opera masih terkendala proxy, saya tidak pernah sampai selesai memasangnya. Namun perlu diingat juga bahwa Opera bisa memerlukan plugin seperti chromium paper flash, agar bisa optimal untuk mengakses situs tertentu.
Jadi gunakan saja perintah seperti (repositori pacman bisa jadi diperlukan, saya tidak yakin):

zypper in chromium-pepper-flash

Langkah pertama, unduh berkas rpm4opera dari Github. Ekstrak berkas tersebut di mana pun yang kita mau, nanti akan mendapatkan script shell yang bernama rpm4opera.

Langkah kedua, pastikan bahwa pada openSUSE sudah terpasang aplikasi pembangun berkas RPM, jika belum, pasanglah aplikasi rpm-build. Silakan gunakan metode pemasangan yang paling disukai, aplikasi dan paket terkait yang diperlukan akan ditambahkan secara otomatis. Anda mungkin perlu mengunduh sebesar 12 MB untuk aplikasi ini.
Saya suka menggunakan terminal dengan perintah:

zypper in rpm-build

Langkah ketiga, jalankan perintah seperti yang ada di panduan poin kedua di atas. Buat paket rpm4opera menjadi dapat dieksekusi dengan perintah:

chmod +x rpm4opera

Lalu mengambil berkas instalasi Opera Stabil terbaru:

./rpm4opera --stable

Mohon menunggu dengan sabar, karena berkas DEB yang diambil sesuai dengan besarnya berkas asli. Dan pada akhir proses akan mendapatkan hasil (contohnya pada kasus saya) seperti:

Created: /var/tmp/opera-stable-26.0.1656.60-0.x86_64.rpm

Maka setelah itu tinggal dilakukan pemasangan paket Opera ini dengan perintah sederhana via terminal (dengan hak admin):

zypper in /var/tmp/opera-stable-26.0.1656.60-0.x86_64.rpm

Ini akan mengakhiri pemasangan Opera Stabil.

Opera 26
Tampilan Opera 26 versi Stabil pada openSUSE Tumbleweed. GNOME.

Update:

Berikut adalah cara menambahkan Opera 26 pada openSUSE dengan menggunakan repositori komunitas dari Ruario yang sementara baru tersedia untuk versi 13.2

zypper addrepo http://download.opensuse.org/repositories/home:ruario:opera/openSUSE_13.2/home:ruario:opera.repo
zypper refresh
zypper install opera-stable

Gunakan ketiga perintah tersebut secara terpisah. Anda juga bisa memilih memasang opera-beta (versi prarilis) dan opera-developer (versi pengembang) selain opera-stable (versi stabil). Untuk pengguna openSUSE versi lain, mungkin dapat mengambil langsung paket binari dari alamat repositori tersebut dan mencoba memasangnya. Jika terdapat kesulitan, dapat menghubungi pengembang.

Iklan

10 pemikiran pada “Memasang Peramban Opera 26 pada openSUSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.