Memasang VLC pada openSUSE

VLC adalah aplikasi pemutar berkas multimedia multiformat dan multiplatform, sehingga membuatnya menjadi salah satu aplikasi paling diincar oleh pengguna yang menggunakan banyak sistem operasi, misalnya Linux, Windows dan MacOS. Pengguna openSUSE, oleh karena beberapa hal, aplikasi VLC tidak langsung tersedia, tidak seperti distro lain yang didesain out of the box untuk memainkan pelbagai format mutimedia sekaligus.

Beruntungnya, menambahkan aplikasi VLC sehingga bisa memainkan banyak berkas multimedia, seperti menonton film, memutar musik MP3 (namun WAV sepertinya masih dibatasi) bisa dilakukan secara mudah.

VLC
Ilustrasi VLC pada openSUSE. Sumber: linuxdifficile.

Apa yang kita perlukan adalah Repositori Paket Tambahan. Perlu diingat bahwa paket ini adalah paket tambahan, mereka tidak didukung pengembangannya oleh openSUSE, tapi oleh pihak ketiga dari masing-masing aplikasi yang disediakan. Terdapat sekurangnya dua repositori populer yang memuat paket aplikasi VLC di dalamnya, repositori yang saya sarankan adalah:

  1. Packman: http://packman.links2linux.org/
  2. VideoLan: http://download.videolan.org/pub/videolan/vlc/SuSE/

Yang mana pun yang Anda gunakan, tidak masalah – namun saya sarankan gunakan salah satu saja dari cermin yang dikehendaki baik dari internasional, maupun dari lokal.

Pertama-tama, Anda harus menambahkan repositori yang dikehendaki ke dalam daftar repostori yang aktif. Semisalnya, saya hendak menggunakan repositori all-in-one packman dari repostori factory/tumbleweed (jika Anda menggunakan edisi lain – silakan merujuk ke OBS openSUSE), maka saya akan menggunakan perintah:

zypper ar -f -n packman http://packman.inode.at/suse/Factory/ packman

Dan setelah itu, saya akan menyegarkan semua paket repositori dengan perintah:

zypper refresh

Terakhir, saya akan memasang paket aplikasi VLC dan kelengkapannya dengan perintah:

zypper install vlc vlc-codecs

Maka, terakhir Anda bisa membuka aplikasi YaST dan mengakses bagian software update untuk melihat apakah ada paket lain yang perlu ditambahkan. Jika iya, tambahkan saja, jika tidak biarkan saja. Dengan ini, VLC sudah siap digunakan pada openSUSE.

Anda ingin cara yang lebih mudah? – Silakan pasang langsung VLC dari OBS dengan 1 kali klik saja.

Iklan

4 tanggapan untuk “Memasang VLC pada openSUSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s