Menyusun Dokumen Panduan di Rumah Sakit

Apakah Anda pernah menyusun sebuah dokumen panduan/pedoman di rumah sakit? Maka Anda pasti tahu betapa peliknya unsur-unsur yang harus dipersiapkan dalam menyusun sebuah dokumen panduan, belum lagi panduan itu harus lahir ke dalam bentuk yang sederhana sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh staf rumah sakit serta pasien atau pengunjung. Kegiatan ini memerlukan keahlian tersendiri, yang Anda bisa didapatkan dari selalu berlatih dan belajar.

Rumah sakit begitu padat karya dan ahli. Sehingga jenis panduan pun akan beragam, dan semua ini biasanya diharapkan hadir dalam sebentuk keseragaman.

Ada panduan mulai dari bagaimana mengelola sumber daya manusia, hingga panduan yang rumit tentang pengelolaan ruang rawat intensif. Ada juga panduan tentang sasaran keselamatan pasien, sistem komunikasi dan informasi. Sedemikian hingga karena banyaknya jenis panduan, rumah sakit yang (biasanya) kekurangan sumber daya manusia, akan selalu menemui kendala dalam menyiapkan panduan yang tepat bagi fasilitas pelayanan kesehatannya.

Ilustrasi: Buku Panduan. Sumber: fgiguidelines.org

Sistem akreditasi rumah sakit saat ini, semisal JCI atau KARS, meminta rumah sakit menyediakan panduan yang mudah dipahami, dan sesuai dengan standar akreditasi yang diterapkan. Saya sendiri melihat jumlah dokumen ini tidak sedikit, dan walau sulit, jika dikerjakan secara seksama dan perlahan-lahan, niscaya tampaknya dapat berhasil.

Saya sendiri tidak memiliki banyak kemampuan dalam menyusun sebuah dokumen panduan, tapi karena tanggung jawab untuk melatih rekan-rekan sejawat dalam menyusun dokumen panduan di rumah sakit; maka saya berniat membagikan sedikit apa yang bisa saya temukan dari upaya-upaya penyusunan dokumen panduan.

Berikut adalah presentasi saya yang dapat digunakan secara bebas:

Tentu saja presentasi tersebut, masih jauh dari sempurna. Saya berharap bagi rekan sejawat yang sempat menggunakan atau membacanya, dapat memberikan saya masukkan melalui kolom komentar di halaman ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.