Ketika bayi lahir, mereka mengalami perubahan kondisi lingkungan. Katakanlah dari tempat yang hangat ke tempat yang dingin. Jika tidak dibantu, bayi baru lahir ini dapat mengalami penurunan suhu tubuh yang dikenal sebagai hipotermia, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Bantuan sederhana dapat diberikan. Biarkan bayi baru lahir berada dalam dekapan ibunya, dengan tindakan kasih sayang kecil ini, tanpa memisahkan bayi dari ibunya, kita dapat menyelamatkan bayi tersebut dan menghindarinya hipotermia yang bisa berakibat fatal.

Berikut adalah video promosi kesehatan dari WHO untuk mendukung program dekapan pertama bagi bayi oleh ibunya.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih banyak mengenai hal ini dengan mengunjungi situs resmi thefirstembrace.org, atau berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda.

Jika Anda adalah seorang calon ibu yang berencana melahirkan di sebuah fasilitas pelayanan kesehatan, Anda dapat bertanya apakah fasilitas tersebut menyediakan kebijakan dan layanan dekapan pertama ini pada setiap bayi baru lahir. Fasilitas pelayanan kesehatan Anda mungkin memiliki nama dan pendekatan yang berbeda untuk teknik ini.