Membaca Novel di Ponsel Android

Belakangan ini saya suka membaca novel di ponsel Android (tentu saja bermakna di tablet dengan sistem operasi yang sama bisa berlaku). Saya membaca novel terutama yang berasal dari Baka Tsuki ORG – karena aplikasi bawaannya (Baka Reader) memerlukan koneksi Internet untuk membaca dengan baik. Pilihan novel-novel ukuran kecil dalam format EPUB biasanya saya ambil agar tidak memenuhi ruangan flash memory.

Lalu, pilihan aplikasinya adalah Universal Book Reader, yang ada versi gratisnya. Versi gratis biasanya memiliki iklan yang ditampilkan saat membuka jendela rak buku, tapi jika tidak sedang terhubung internet, iklan ini biasanya tidak akan muncul.

Penggunaannya pun sederhana, saya cuma tinggal menambahkan sejumlah novel digital bentuk EPUB ke dalam SD Card, dan mengimpor ke dalam kepustakaan (my library). Maka buku siap dibaca.

Kelemahannya, aplikasi ini cukup berat, jika digunakan ponsel yang memiliki spesifikasi rendah. Hanya saja hal tersebut tidak terlalu mengganggu.

Saya bisa membaca sejumlah novel seperti To Aru Majutsu no Index, Campione, Mah?ka K?k? no Rett?sei, dan sebagainya. Sehingga sekarang hiburan tidak perlu selalu memerlukan koneksi Internet.

4 respons untuk ‘Membaca Novel di Ponsel Android

    1. Kalau hak cipta sudah berakhir, biasanya banyak yang gratis. Saya belum mencoba iBooks karena sepertinya eksklusif iOS ya Pak?

      Suka

      1. yaiyalah ^__^ … tapi bli novel yg sudah gratis tersedia di legal torrent kok, seperti tom sawyer and Huck Finn favorit saya 😀

        Suka

Komentar ditutup.