Air Resapan Flora

Populer disebut dengan fruit infused water (kalau di Indonesia cukup “infus water” saja) adalah tren membuat air minum dengan pelbagai cita rasa buah dan bahan flora lainnya. Air resapan flora ini sudah mulai dikenal banyak orang setidaknya sejak setahun atau dua tahun yang lalu, dan belakangan di kantor saya juga ikut marak – di mana para karyawan juga mulai membawa si infus water ini.

Tapi jangan dianggap bahwa baru disebut infus water, berarti akan digunakan seperti infus yang dipasang oleh dokter atau perawat kepada pasien sebagai pengganti cairan tubuh. Dan konsep air resapan flora ini bukanlah sesuatu yang baru, hanya saja memang dikemas dalam bentuk promosi dan pengenalan yang baru. Dari dulu peradaban manusia sudah mengenal teh & kopi yang merupakan salah satu bentuk infusi paling tua sejarahnya.

Air Resepan Flora
Salah satu penerapan air infusi/resepan flora pada pesta atau hajatan. Sumber: Occasion Scatering.

Dengan membuat air biasa menjadi air resapan flora, seseorang bisa menikmati pelbagai cita rasa berbeda yang ia racik sendiri. Saya rasa di sini muncul seperti kesenangan saat meracik jus atau rujak. Setiap orang punya cita rasa tersendiri. Jika Anda menyukai hobi seperti ini, saya rasa akan menjadi sesuatu yang baik bagi Anda.

Lalu apakah air resapan flora ini baik untuk kesehatan? Dibandingkan mengatakan bahwa minuman ini memiliki khasiat pengobatan, dan justru terkesan seperti pengobatan alternatif, saya dapat mengatakan bahwa jika dipersiapkan dengan baik dan benar, air resapan flora bisa menjadi sebuah gaya hidup sehat.

Pertama, Anda tidak perlu terlalu repot menyiapkannya, hanya perlu wadah tertutup, air putih yang matang, buah yang kehendaki, dan sejumlah peralatan dapur. Anda tidak perlu punya lemari pendingin untuk menyiapkannya, walau tentu saja, dingin bisa memberi cita rasa kesegaran. Dengan minuman yang segar yang Anda suka, Anda akan dirayu untuk memiliki pola hidup dengan asupan cairan yang banyak, plenty drink good for health, banyak minum baik untuk kesehatan (kecuali dokter Anda berkata sebaliknya oleh karena sebab tertentu). Ini menjadi trik bagi Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik, dan menjaga daya tahan tubuh Anda.

Rasa yang enak dikecap lidah adalah kunci kesuksesan air resapan flora, memiliki cita rasa flora yang disuka, seperti jeruk atau apel, memiliki zat-zat nutrisi dari buah yang terserap ke dalam air (walau saya tidak yakin berapa banyak yang terserap), dan dikatakan memiliki indeks nilai glikemik yang rendah (artinya cukup aman jika Anda punya kekhawatiran tentang kadar gula di dalam darah Anda).

Anda bisa menjadikan air resapan flora sebagai minuman keluarga sehari-hari. Jangan lupa agar memerhatikan kebersihan bahan yang digunakan, sehingga mengurangi kuman yang turut masuk ke dalam air yang akan minum nantinya.

Biasanya untuk membuat infusi flora yang baik, cukup dengan membiarkan buah atau bahan lain yang digunakan terendam dalam air selama 1 – 2 jam pada suhu ruangan, atau 3 – 4 jam dalam suhu lemari pendingin. Jika ingin air menjadi benar-benar berisi resapan flora dan aroma yang kuat, maka 8 – 12 di dalam lemari pendingin bisa menjadi pilihan. Sejumlah kulit buah seperti jeruk bisa menghasilkan rasa yang pahit jika direndam terlalu lama, maka buah-buahan ini bisanya direndam tidak lebih dari 4 jam.

Jika Anda hendak membuat air resapan yang bertahan lama, hingga besok atau dua hari dalam jumlah banyak sekaligus, maka setelah 3 – 4 jam ambil buah atau herbal yang digunakan dari dalam air, dan simpan air resapan di lemari pendingin. Jika terlalu lama di dalam air, buah atau herbal bisa mengalami pembusukan yang menyebabkan rasa air menjadi tidak lagi enak.

Lebih baik adalah meminum air resapan pada hari yang sama. Atau jika dibuat malam, maka diminum keesokan paginya. Perlu diingat bahwa minuman yang kita buat tidaklah nirhama, sehingga jika dibiarkan terlalu lama maka koloni kuman yang tidak dikehendaki dapat terbentuk. Sehingga lebih baik diminum pada posisi di mana kuman masih dalam jumlah yang amat sedikit.

Sayangnya, buah tidak bisa digunakan lebih dari sekali sebagai bahan air resapan ini. Setelah digunakan sekali, kebanyakan buah akan kehilangan cita rasanya. Anda bisa hanya meminum sampai separuh saja, dan mengisi kembali dengan air minum biasa, sehingga masih bisa mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Trik ini bisa berlaku bagi buah yang memiliki cita rasa yang kuat, namun tidak berlaku bagi buah yang memang lebih hambar rasanya.

Air Resapan Flora
Anda bisa menyiapkan air resapan flora sebagai minuman sehari-hari di rumah. Sumber: 2shopper.

Air yang digunakan sebaiknya air yang sudah matang/dimasak untuk menghindari bakteri terlalu banyak. Dan sebaiknya tidak air panas, karena panas sudah diketahui bisa merusak vitamin dan nutrisi lainnya dalam buah. Tentu saja air yang masak itu bukan air yang juga terlalu lama disimpan.

Setelah diminum, buahnya masih bisa dikonsumsi (jika Anda inginkan), walau rasanya bisa jadi sudah tidak senikmat sebelum menghasilkan air resapan flora. Untuk resep infused water, saya rasa sudah ada banyak yang menulis di blog maupun dicontohkan via YouTube, Anda tinggal menemukannya saja.

Jika Anda berminat, mengapa tidak? Coba saja membuat air resapan flora ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.