Melepas Penat di Hutan Pinus Mangunan

Akhir pekan yang lalu, kami melakukan ekowisata ke Hutan Pinus Mangunan, yang berlokasi di Desa Munthuk, Mangunan, Dlingo, Bantul. Memang belakangan ini Bantul terasa penat, sejak berakhirnya peralihan dari musim penghujan, matahari semakin mengganas di langit Utara, oleh karena itu tempat sejuk untuk menghilangkan penat tentu saja adalah daerah perbukitan yang kaya dengan kanopi alaminya. Hutan Pinus Mangunan menjadi target yang tidak terelakkan untuk dipinang.

Kami tidak tahu lokasi tepatnya Hutan Pinus Mangunan itu di mana, dan tidak juga tahu jalan persis menuju ke sana. Untungnya aplikasi perjalanan Waze membantu dengan tepat menemukan lokasi, walau dengan sepeda motor perlu beberapa kali untuk melihat ponsel Android dan peta arah yang ditunjuk.

Kami pun tiba di sana sekitar pukul 12.00 siang tepat, tapi sungguh walau tidak sesejuk area Bedugul dan Bali Botanical Garden yang pernah saya rasakan dulu, namun tentu saja jauh dari nuansa panas menyengat ala dataran rendah Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan

Saya tidak akan menampilkan banyak gambar, tapi wajah hutan pinus di atas sudah bisa memperlihatkan betapa lega bisa sampai di area tersebut. Dan tentunya Anda bisa mendapatkan banyak gambar yang lebih baik di luar sana.

Kesan saya untuk sampai di tempat ini adalah, sebagai wilayah tujuan wisata, namun sedikit sekali petunjuk jalan yang mengarahkan pelancong menuju ke sana. Setidaknya di sejumlah jalur kunci disediakan arahan yang lebih cermat akan sangat membantu. Saya cukup beruntung memiliki aplikasi GPS.

Ternyata hari libur tempat tersebut cukup padat pengunjung, bahkan ada yang prewedding, ini sangat bagus menunjukkan antusiasme masyarakat. Namun jika menginginkan suasana yang lebih tenang, mungkin hari-hari biasa adalah waktu berwisata yang baik. Waktu yang baik adalah berangkat pada pagi hari, dan pulang sorenya – dan hindari hari menjadi terlanjur gelap bagi yang tidak ingin kesulitan bernavigasi di kegelapan malam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s