Mewaspadai ReadyGraph di Plugin WordPress

Bahkan saya pun tidak bisa terhindar dari kecerobohan yang bodoh. Saya berusaha mencari sejumlah pengaya (plugin) untuk situs Mediskripta, dan salah satu pengaya baru ini rupanya membonceng aplikasi bernama ReadyGraph, awalnya saya kira hanya aplikasi statistik biasa yang bisa bermanfaat dalam mengambil data jumlah pelanggan/pembaca surat elektronik newsletter. Tapi ternyata saya salah…

Saya kemudian melihat bahwa aplikasi ini muncul pada plugin lainnya. Dan dampaknya adalah yang paling mengejutkan. Saat saya membuka halaman situs web, dan untungnya saya menggunakan pengaya ghostery pada Firefox, saya diperlihatkan daftar panjang trackers (pelacak) yang begitu banyak pada halaman muka yang jumlahnya sedikit di bawah 100, padahal normalnya tidak akan lebih dari sepuluh.

Ini membuat saya kaget, ini bukan lagi bertenggang rasa dengan privasi, tapi justru menjadi “pemerkosaan” privasi para pembaca situs web.

Saya tidak punya pilihan lain selain menghapus plugin WordPress yang mendadak jadi terkait dengan ReadyGraph. Ini menjadi pelajaran yang berharga bagi saya untuk selalu waspada. Untungnya belum sampai lebih dari 12 jam ini terjadi di situs web tersebut.

Iklan

5 tanggapan untuk “Mewaspadai ReadyGraph di Plugin WordPress

    1. Iya Bli, seperti Google Analytics – tapi ternyata tidak cuma satu, puluhan banyaknya, dan tidak jelas itu siapa saja yang punya. Memang sih dengan cara seperti itu banyak pengiklan yang bisa tahu karakteristik pengunjung blog, tapi kan tidak begitu juga harusnya.

      Suka

  1. cara menghapus nya gimana yaa ??

    tadi saya install simple subscribe , eh ternyata ke connect ke ready graph.
    sekarang di blog ada pop up yang ganggu banget, padahal plugin simple subscribenya udah di delete. si ready graphnya masih ada

    Suka

      1. Saya semalam coba oprek oprek mas,
        lewat cpanel tapi, jadi semua file yang berhubungan sama readygraph saya hapus, dan alhamdulillah semua pop-up readygraph pagi ini sudah tidak muncul lagi.

        mungkin bisa dicoba mas.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s