Beralih ke Pertalite?

Siapa yang sudah mencoba Pertalite? Bahan bakar baru dari Pertamina dengan RON 90. Kebetulan di tempat saya sudah ada sejak sekitar 2 minggu. Biasanya saya menggunakan Pertamax, dan kemarin mencoba menggunakan Pertalite. Harganya berada di antara Premium dan Pertamax, demikian juga dengan angka oktannya.

Kalau melihat grafik perbandingan dari katadata.co.id di bawah ini, saya rasa menggunakan Pertalite adalah pilihan yang lebih baik dibandingan Premium baik dari segi keramahan terhadap lingkungan maupun dari segi “isi dompet” konsumen.

Perbandingan BBM
Perbandingan antara Premium, Pertalite dan Pertamax. Sumber: katadata.co.id.

Tapi harus dilihat kembali kendaraannya, kendara “tempo dulu” saya rasa masih akan lebih cocok menggunakan Premium, dan kendaraan lebih baru bisa menyesuaikan dengan Pertalite atau Pertamax.

Saya sendiri mungkin lebih cenderung memilih Pertamax, karena laju kendaraan terasa “lebih enak”, dan selisih nilai ekonomis tidak banyak – karena Pertalite lebih hemat konsumsi dibandingan Premium hampir menyamai Pertamax. Hanya saja Pertalite bukan pilihan buruk, ini seperti mempertimbangkan produk diskon dengan produk utama.

Indonesia kemudian menjadi negara dengan ragam pilihan bahan bakar minyak yang banyak, negara lain mungkin hanya punya satu atau dua jenis bahan bakar bagi kendaraan bermotor, namun di Indonesia sedikitnya ada tiga yang paling banyak beredar saat ini.

Saya rasa akan cukup bijak jika pilihan ini diciutkan, karena akan membingungkan pengguna atau pemilik kendaraan. Menyenangkan memang banyak pilihan, tapi di sisi lain membingungkan.

Jadi bagaimana dengan Anda? Memilih beralih ke Pertalite?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s