Menulis dalam ODT

Open Document Text (ODT) atau tulisan dokumen terbuka merupakan standar dalam menulis sebuah dokumen elektronik, baik – jika tidak salah sesuai standar Uni Eropa, maupun standar nasional Indonesia (SNI). Untuk bisa menghasilkan dokumen ini, aplikasi populer seperti Microsoft Office 2013 (ke atas, bukan ke bawah) dan – mungkin – Microsoft Office 365 bisa menghasilkan, tapi biaya untuk lisensi mereka juga layak dipertimbangkan.

Saya sendiri sudah lama menggunakan aplikasi Writer dari Document Foundation, mudah digunakan dan gratis tanpa biaya lisensi untuk digunakan di manapun.

Writer
Tampilan LibreOffice Writer – Aplikasi yang saya gunakan membangun dokumen elektronik sehari-hari.

Tapi kemudian yang menjadi permasalahan adalah, tidak semua orang (bahkan mayoritas penyusun/pengetik) yang membuat dokumen elektronik tidak “ngeh” alias dekat bentuk dokumen terbuka seperti ODT ini. Bentuk-bentuk lain lebih populer, seperti DOC, atau DOCX yang berasal dari baku aplikasi Microsoft Office cs.

Malangnya lagi, tidak banyak aplikasi populer yang mendukung luaran bentuk standar ODT. Sebagai contoh misalnya, Google Docs walau bisa mengimpor bentuk ODT, namun – setahu saya – belum bisa mengekspor dalam bentuk ODT, justru keluar dalam bentuk DOC. Jika saya bisa berbicara, maka ini adalah masalah “imperialisme” semata, bentuk dari “penjajahan” yang diterima oleh tangan terbuka.

Akan menjadi sulit jika kita membuat dan bertukar dokumen dalam bentuk (baca: format) yang berbeda, kadang tidak akan bisa menemukan sebuah titik temu yang baik. Waktu sering kali terbuang untuk sekadar menyunting kembali teks-teks yang sudah disusun rapi sebelumnya.

Namun bagi saya, menulis dalam bentuk ODT adalah kemudahan tersendiri. Mudah diterapkan, kaya fitur, bisa diakses di manapun, dan ketika disalin ke dalam web, makan standar web sudah terterapkan dengan baik. Bagi narablog seperti saya yang sebelum menulis dalam bentuk luring, maka menyalin ke web dengan standar yang baik akan sangat membantu tanpa perlu menyunting lebih banyak lagi.

Iklan

3 thoughts on “Menulis dalam ODT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s