Belanja Dokter

Seberapa sering kita pergi ke pertokoan untuk berbelanja atau sekadar memandang etalase? Kita akan memilih satu barang dan membandingkan dengan penawaran lainnya. Demikian juga dalam dunia kesehatan, orang sering belanja kesehatan yang nilainya kecil.
Yang membuat menarik adalah ada orang-orang yang memang pergi dari satu dokter ke dokter lain dalam satu hari yang sama, hanya karena dia merasa belum sembuh setelah beberapa jam pasca menelan obat dari dokter pertama. Mengapa menarik? Karena tentunya kegiatan belanja dokter ini menandakan ada ketidakberesan dalam sistem kesehatan kita, dan biasanya masalah komunikasi antara dokter dan pasien.
Dokter mungkin lupa bilang bahwa setelah minum obat, demam mungkin bertambah tinggi. Sehingga pasien tidak khawatir pengobatan gagal akan segera mencari pertolongan dokter lain.
Atau pasien mungkin tidak puas dengan pelayanan dokter yang pertama, sehingga kembali mencari pendapat dokter lainnya.
Malangnya, jika pasien ini bertemu dengan dokter yang memiliki pendapat berbeda dari dokter pertama tentang kondisi sakitnya. Pasien ini bisa lari lagi ke dokter ketiga. Dan demikian lah alur ini terus bisa berlanjut.
Proses ini tentu saja tidak tanpa biaya, walau pemeriksaan dan pengobatan gratis karena pelbagai asuransi, pasien masih harus mengeluarkan uang untuk transportasi. Bahkan mungkin masih ada pengeluaran untuk hal lainnya. Oleh karenanya sering disebut sebagai belanja dokter.
Era jaminan kesehatan nasional saat ini, peran dokter keluarga semakin tampak. Orang bisa senang memanfaatkan kartu asuransi untuk berobat ke dokter keluarganya. Jika dia masih belum membaik, bisa kembali ke dokter yang sama untuk berkonsultasi – dan pada akhirnya mengurangi praktik belanja dokter. Dan ujung-ujungnya adalah mengurangi beban biaya kesehatan secara nasional. Hebat bukan?
Hanya saja tentu saja ini tidak sesederhana tulisan pendek saya. Ada banyak masalah di lapangan. Dan ada memang orang yang senang belanja dokter, mungkin itu adalah hobinya, jadi biarkan saja.

Iklan

2 thoughts on “Belanja Dokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s