Sertifikasi HONcode untuk Mediskripta

Setelah beberapa bulan pengajuan dan revisi, Mediskripta kini sudah mendapatkan sertifikasi HONcode sebagai perwujudan komitmen untuk menyediakan informasi kesehatan yang dapat dipercaya dan mudah diakses. Health on the Net Foundation merupakan organisasi non pemerintah (NGO) sejak tahun 1995 yang berupaya menjembatani ketersediaan informasi kesehatan bagi publik di dunia yang etis bagi semua orang, dalam hal ini termasuk transparansi informasi di dalamnya.

Saya pertama kali mengenal HONcode dari kampus dan dari netizen sejawat @daniisiwara, namun pada saat itu belum terpikirkan untuk melakukan sertifkasi bagi website saya. Dulu seluruh tulisan saya berkumpul di satu web, sehingga saya rasakan tidak etis untuk melakukan sertifikasi sebagai penyedia informasi kesehatan, dan saya belum menyelesaikan pendidikan di bidang kedokteran.

Saat ini saya telah memisahkan tulisan yang bersifat kedokteran dan kesehatan secara khusus ke situs web Mediskripta, dan sebagai seorang profesional kesehatan – saya memiliki tanggung jawab moral untuk menyediakan informasi secara tepat, sesuai dengan kaidah, berertika, terbuka, dan independen. Namun harus ada yang mengawasi bagaimana saya menulis dan menyajikan informasi kesehatan, sehingga tidak melanggar kaidah-kaidah penyajain informasi kesehatan yang baik dan benar.

Hal tersebut, mendorong saya untuk mencoba mengajukan sertifikasi HONcode pada September tahun ini.

HONcode is the oldest and the most used ethical and trustworthy code for medical and health related information available on Internet.The HONcode is designed for three target audiences: the general public, the health professionals and the web publisher, actively involving the site owner in the process of certification. (Health on the Net Foundation)

Semua orang/pihak yang menyajikan informasi kesehatan dapat mengajukan diri untuk sertifikasi HONcode. Dan untuk mendapatkan sertifikasi ini, ada 8 (delapan) prinsip yang harus dipenuhi pengelola/pemilik situs web. Di antaranya adalah:

  1. Data penulis (authority): yaitu memberikan kejelasan kualifikasi dari (para) penulis.
  2. Sifat pendukung (complementarity): yaitu informasi tersedia adalah guna mendukung, bukan menggantikan.
  3. Sifat kerahasiaan (confidentiality): menghormati privasi dari pengguna situs web.
  4. Perujukan (attribution): mengutip sumber dan tanggal informasi kesehatan/kedokteran.
  5. Kadar kebenaran/ketepatan (justifiability): informasi yang seimbang pada klaim-klaim objektif atau klaim-klaim yang dapat didukung kebenarannya.
  6. Keterbukaan (transparency): ketersediaan dan keteraksesan pada rincian kontak yang benar/valid.
  7. Pernyataan pendanaan (financial disclosure): menyediakan rincian pendanaan.
  8. Iklan (advertising): secara jelas memberikan pemisahan antara konten (isi) editorial dan iklan.

Untuk Mediskripta karena berbentuk blog, maka secara khusus akan mengikuti sertifikasi bagi situs web kolaboratif atau situs web dengan elemen-elemen web 2.0 yang prinsip utamanya tidak berbeda. Sertifikasi untuk situs web kolaboratif disarankan memuat rincian mengenai bagaimana pengunjung dapat ikut serta memperkaya isi situs, etika mereka dalam menyampaikan informasi, dan bagaimana moderasi dilakukan.

Selama proses sertifikasi, saya dan tim HONcode berkomunikasi menggunakan media surat elektronik. Beberapa pemenuhan prinsip-prinsip HONcode yang belum sempurna diperbaiki kemudian. Hingga pada pertengahan Desember ini, Mediskripta akhirnya mendapatkan sertifikasi HONcode.

Saya berharap, dengan ada sertifikasi ini membuat saya sebagai penulis – khususnya dalam menyajikan informasi kesehatan, dapat terus berupaya mempertahankan penyajian informasi ini sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam kode Health on the Net.

#HONcodeCertified – Individual – Mediskripta – Bantul – Indonesia Certificate:…

Dikirim oleh Health on the Net Foundation pada 15 Desember 2015

Iklan

2 tanggapan untuk “Sertifikasi HONcode untuk Mediskripta

  1. Wah selamat..coba kontak si Bertalan Mesko..masih rajin ngurus web medisnya ngga dia..siapa tau Cahya bisa sharing ilmu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s