Windows 10 untuk Komputer Lawas

Bisakah Windows 10 dipasang pada komputer/laptop/notebook lawas? Jawabannya ternyata bisa. Karena saya sendiri baru meningkatkan (upgrade) dari Windows 7 ke Windows 8 ke Windows 8.1 dan terakhir ke Windows 10 pada Laptop Acer TravelMate 6293 lawas saya yang dibeli sekitar September 2008 (berusia kira-kira 7 tahun lebih dikit). Seluruh proses memerlukan waktu sekitar 8 jam, dimulai dari pukul 07.00 berakhir pada pukul 15.00. Untungnya saya bisa tinggal bekerja dan seluruh proses berjalan lancar.

Sebagai hikayat singkat. Laptop ini saya beli pada tahun 2008 dengan mengerahkan segenap anggaran saya, dengan taksiran usia pakai hingga 10 tahun mendatang dari waktu pembelian. Lalu tahun 2013 terdapat penawaran menggiurkan dari Bhinneka.com bahwa ada Windows 8 khusus yang bisa dibeli murah dan diperuntukkan untuk peningkatan dari Windows Vista/7 pada masa itu. Saya beli setelah berliur dengan diskon hingga separuh harga lebih.

Kemudian saya sempat tingkatkan ke Windows 8.1. Namun malang di tengah riwayatnya, isi laptop berupa HDD dan keping memori hilang dicuri orang saat saya tinggal di kost. Dan saya baru bisa perbaiki beberapa bulan yang lalu setelah menelan dana yang tidak sedikit. Lalu saya minta diisi Windows 7 saja, entah itu asli atau palsu – karena saya sudah tidak mungkin mengembalikan Windows Vista yang melekat pada HDD aslinya.

Singkat kata Windows 7 tersebut saya tingkatkan menggunakan DVD instalasi Windows 8 Pro yang saya beli dari Bhinneka.com, dan saat aktivasi ternyata (masih) berhasil. Lalu saya tingkatkan ke Windows 8.1 beberapa hari yang lalu. Dan hari ini ke Windows 10. Semua berjalan dengan lancar, tapi benar-benar menghabiskan pita Internet. Untung Internet tersedia gratis.

Windows 10
Windows 10 pada Komputer Lawas

Apa yang saya lakukan setelah memasang Windows 10?

  • Mematikan sebagian besar fitur pengindeksan berkas pada ‘indexing option’ – jika tidak, komputer akan cepat kewalahan.
  • Mengganti sejumlah aplikasi asali dengan pilihan saya, misalnya Internet Edge dengan Mozilla Firefox.
  • Mengganti start menu bawaan dengan start menu klasik, alasannya lebih sedap dipandang.

Apa komputer lawasmu masih bisa menjalankan Windows 10? Ayo mumpung tersedia peningkatan gratis.

Iklan

3 tanggapan untuk “Windows 10 untuk Komputer Lawas

  1. saya juga ada 32bit windows 7 yang nganggur … pernah saya coba di laptop asus saya namun malah bikin ngaco laptop saya, soalnya kurang kompatibel dengan 32bit … malah linux 64 bit lancar jaya … makanya saya putuskan laptop tersebut 100 pure linux goodness hehehe … ini laptop seangkatan bli ingin saya update XP Home-nya ke Windows 7 pro 32 bit terus dicoba ke windows 10. mengingat spek saya sama dengan spek apple macbook yg ada di kanal youtube sukses dan jalan lancar dengan windows 10 32 bit … tapi ya itu … males berlama-lama update hehehe … saya kemaren upgrade laptop rumah yg ada windows-nya ke windows 10 lamaaaa banget … proses donlotnya sih engga sampai setengah jam, tapi itu proses confignya yang engga nahan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s