Novel Wo Yu Feng Tian

Lebih dikenal sebagai “I Shall Seal the Heaven”, novel karya Er Gen ini menjadi salah satu novel xanxia favorit saya di tahun ini. Mungkin bisa dibilang sepeti saya menyukai karya wuxia “Condor Trilogy” yang sempat populer di Indonesia ketika saya masih kecil dulu.

If I want something, the Heavens better have it. If I don’t want something, the Heavens better not have it! This is a story which originates between the eighth and ninth mountains, a world in which “My fate is to seal the Heavens like a demon!”

Novel ringan ini berkisah tentang seorang pelajar (sastrawan) muda bernama Meng Hao, namun nasibnya tidak begitu baik untuk mencoba menjadi abdi negara – pekerja pemerintahan. Dalam perjalanan pulang dari ujian negara, tanpa sengaja ia diculik dan dibawa ke sebuah perguruan Dao yang memang sedang merekrut murid. Namun bukannya menjadi murid, Meng Hao justru hanya menjadi ‘pekerja kasar’.

Hanya saja, sifat keras kepala Meng Hao dan keinginannya untuk mengubah ‘takdir’ membuat dia menempuh perjalanan panjang. Membangun persahabat, kisah romantisme yang terselubung tabir misteri, hingga menentang banyak kekuatan dan membuatnya menjadi orang yang paling dibenci sekaligus paling dipuja.

Perjalanan Meng Hao penuh ‘cobaan’ dan ‘rintangan’ – namun perlahan-lahan dia mencoba menemukan rahasia pelbagai Dao – jalan kemistikan dan rahasia semesta.

Karya sastra dari negeri Tiongkok ini memiliki alur cerita yang lambat, karakter utama dimulai sebagai tokoh yang lemah dan pelan-pelan menjadi kuat. Bahkan saking lemahnya, sering kali dia menemukan dirinya harus melarikan diri dari musuh-musuhnya yang jauh lebih kuat. Banyak orang mungkin tidak sabaran membaca kisah ini.

Saya sendiri belum menyelesaikan kisahnya, karena novel ini belum ‘tamat’ – alias belum mencapai akhir cerita setahu saya. Tapi saya menyukai bahasa sastra yang digunakan di dalamnya, renyah, ringan, dan kaya makna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s