Aman Menikmati Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah kejadian alam yang mungkin hanya bisa seseorang saksikan beberapa kali dalam seumur hidupnya. Berbeda dengan hujan, pelangi, atau musim durian, siklus gerhana matahari panjang – dan sekali muncul tidak semua belahan bumi kebagian pemandangan ini. Sehingga banyak orang ingin menikmati menjadi saksi terjadinya gerhana matahari. Permasalahannya adalah, melihat gerhana matahari tanpa cara yang aman berbahaya bagi mata kita, dan berpotensi menyebabkan kebutaan permanen.

Pertama-tama, jangan pernah melihat langsung ke arah gerhana matahari. Jangan juga melihat langsung menggunakan teropong atau binokular, atau kacamata hitam biasa. Cara ini bisa mencederai mata Anda, dan dengan mengingat peringatan ini, Anda akan berhati-hati dalam menyaksikan gerhana matahari.

http://astronomynow.com/2015/03/15/how-to-see-the-solar-eclipse-safely/

Ada beberapa cara yang bisa kita manfaatkan untuk melihat gerhana matahari. Yang paling murah dan paling mudah diakses adalah prinsip kamera lubang jarum (pinhole camera).

Anda bisa menggunakan apapun yang memiliki lubang kecil untuk memproyeksikan sinar matahari ke sebuah permukaan datar. Misalnya karton yang dilubangi untuk memproyeksikan sinar matahari ke tanah. Atau memanfaatkan celah di antara dedaunan.

Cara yang lain lebih mahal dan susah dijangkau, misalnya kacamata khusus gerhana matahari atau menggunakan PST (personal solar telescope) – teleskop matahari pribadi yang bisa didapatkan dengan anggaran sedikit di bawah sepuluh juta rupiah.

Apapun yang terjadi, jangan pernah melihat langsung ke arah gerhana matahari. Dan ingatkan orang-orang di sekitar Anda beserta keluarga Anda terkasih akan hal ini. Walau pun gerhana matahari saat benar-benar penuh cukup aman, Anda sebaiknya mempertimbangkannya kembali. Pertimbangkan kacamata filter gerhana matahari jika Anda hendak melihat langsung ke langit – dan harganya juga cukup terjangkau sekitar IDR 100.000 (walau tentu saja jika untuk satu keluarga, Anda tidak mungkin membeli satu).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s